banner 728x250

Mahasiswa STMIK DCI Raih Insentif Program Penulisan Ilmiah Tingkat Nasional

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN – Mahasiswa Prodi Teknik Informatika STMIK DCI Adi Muhammad Firmansyah, Muhamad Azril Fitrayana dan Ardi Junaedin, sukses ukir prestasi sebagai peraih pendanaan insentif tingkat Nasional pada Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) Tahun 2024 yang diselengarakan oleh Belmawa Kemdikbud dengan judul “Pengembangan Sistem Informasi E-Ticketing Festival Seni Amatir Wibu Aliansi Tasikmalaya dengan Scan QR Code dan Pengelolaan Gate dengan Metode Waterfall.”

Program rutin tahunan ini ditujukan untuk siswa yang aktif di program pendidikan Diploma 3, Diploma 4, dan Strata 1 di seluruh PT yang didaftarkan di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemdikbud. Tujuan dari program ini adalah untuk mewadahi dan mendukung ide kreatif siswa. Salah satu bidang PKM – AI, yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada siswa untuk membuat artikel ilmiah berdasarkan kegiatan akademik kelompok yang telah dilakukan seperti hasil KKN, proyek, penelitian, atau pengabdian.

Adi yang merupakan mahasiswa semester enam dan ketua tim, menjelaskan bagaimana mengikuti program. untuk waktu selesai kurang lebih seminggu, judul artikel yang dikirimkan adalah hasil dari proyek yang dilakukan pada matakuliah Proyek Perangkat Lunak (PPL) menengai sistem informasi E-Tiketing kegiatan event organizer yang dinamakan Ngifent. Adi menyatakan bahwa dia dan timnya memutuskan untuk mengikuti PKM atas rekomendasi dosen pembimbing matakuliah PPL Nanang Durahman, ST., M.Kom.

Nanang mendampingi mahasiswanya mulai dari tahap analisis, perancangan, dan implementasi sistem hingga penulisan artikel ilmiah. Dia melakukanya dengan mempelajari pedoman penulisan, memberikan saran, dan masukan agar mereka mendapatkan hasil yang baik, terutama dengan berkonsentrasi pada pedoman untuk menulis proposal artikel ilmiah.

Berdasarkan surat dengan nomor: 4335/E2/DT.01.00/2024 tanggal 13 Juni 2024 perihal Insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024 diinformasikan bahwa total yang Lolos Penerima hibah insentif PKM AI sebanyak 359 Artikel dari 141 Perguruan Tinggi Se Indonesia. “Alhamdulillah atas kabar gembira ini, merasa senang dan bersyukur karena artikel ilmiah kelompok kami diberikan kesempatan untuk lolos PKM-AI. Terimakasih kepada bapak dosen pembimbing yang telah membantu mengajukan proposal PKM sampai akhirnya lolos pendanaan Insentif.” Sambut Adi.

Selain mendapatkan insentif, mereka juga mendapatkan pengalaman di program penulisan ilmiah tingkat nasional dan berhak atas pengakuan nilai dua SKS mata kuliah yang sesuai dengan persyaratan buku panduan PKM AI. Dengan keberhasilan ini, mereka berharap dapat menggunakan apa yang telah mereka pelajari sebagai persiapan tugas akhir mereka dan memperluas pengetahuan mereka tentang literatur reviu.

Adi Berharap Mudah mudahan aplikasi e-tiketing yang dibuat dapat terus dikembangkan dengan fitur fitur yang dapat membantu pengguna memecahkan masalah lebih baik. Semoga Ngifent bisa membantu banyak event organizer khususnya event komunitas agar dapat mengelola proses ticketing menjadi lebih mudah.

Seluruh civitas akademika STMIK DCI mengucapkan selamat kepada ketiga mahasiswa atas prestasi mereka. Semoga prestasi yang dicapai dapat menjadi inspirasi untuk melakukan hal-hal lebih baik lagi di masa depan dan mendorong mahasiswa lain untuk terus belajar, berlatih dan berusaha.***