Masih Ditemukan Tumpukan Sampah, Satgas Gerecep Lakukan Bersih-Bersih Menuju Tasik Resik

Satgas Gerecep Tasik Resik lakukan pembersihan di beberapa lokasi TPS liar.

KLIK PRIANGAN – Masih minimnya kesadaran warga dalam membuang sampah, meski sudah digelorakan pihak Pemerintah Kota Tasikmalaya dan Unsur Muspida, sehingga tumpukan sampah atau TPS liar masih banyak ditemui di beberapa titik lokasi.

Ditemukannya masih ada TPS liar, Kodim 0612/Tasikmalaya bersama Pemkot Tasikmalaya, Brigif Raider 13/Galuh, Lanud Wiriadinata, Polres Kota Tasikmalaya Kota yang tergabung sebagai Satgas Gerecep Tasik Resik, langsung terjun ke lokasi tumpukan sampah, Jumat (6/1/2023).

Pembersihan lokasi TPS liar tersebut juga dibantu masyarakat. Semua Unsur Muspida melakukan gotong royong membersihkan sampah di TPS pasar Cikurubuk Jl. Residen Ardiwinangun (Jl. A.H. Witono), dan TPS Indihiang Sukamajukidul, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya.

PJ Walikota Tasikmalaya DR. Cheka Virgowansyah mengatakan pihaknya akan terus berupaya melakukan pembersihan tumpukan sampah di TPS-TPS liar dan sekaligus memberikan contoh kepada warga agar membuang sampah ke tempat yang sudah disediakan.

Pihaknya yakin jika secara bersama-sama dibersihkan maka, Kota Tasikmalaya akan kembali Resik.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan kepada warga agar mau memilah sampah. Sehingga sampah tidak terlalu menumpuk saat dibuang ke tempat sampah.

“Ya target Insyaallah, kalau memang kita bersama-sama bersih-bersih, pasti bisa yang terpenting kita sama-sama kolaborasi semua stakeholder, Unsur Muspida dan juga seluruh elemen serta warga Kota Tasikmalaya,” katanya.

Menurutnya, di Kota Tasikmalaya ada 52 titik TPS diantaranya 48 titik sudah bersih. Masih ada 4 titik kotor hari ini sudah dibersihkan.

“Agar tidak ada lagi penumpukan sampah, Kita berupaya memberikan solusi untuk penyediaan tempat sampah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat mungkin di bulan-bulan ini akan disiapkan. Sehingga masyarakat tidak buang sampah sembarangan,” ujarnya.

Lanjut Cheka, masyarakat diminta untuk bisa melakukan pengurangan sampah dengan dipilah terlebih dahulu. Pemilahan dilakukan sejak dari rumah tangga agar saat keluar dari rumah dan hendak dibuang sampah tidak terlalu banyak.

“Keluar sampah dari rumah diupayakan sudah dipilah. Seandainya bisa menggunakan skema sampah lebih baik atau market area,” ucapnya.

Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol inf Raden Henra Sukmadjidibrata mengatakan, Dandim 0612 Tasikmalaya bersama Forkopimda Kota Tasikmalaya turut terjun langsung ke lokasi dengan membersihkan sampah di TPS Cikurubuk dan TPS Indihiang dibantu dengan personel dari TNI Polri dan masyarakat setempat.

“Sosialisasi juga akan dilakukan tidak hanya penanganan dan pengurangan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan masuk kepada masyarakat menyuarakan agar tidak membuang sampah sembarangan, mari kita kelola sampah masing masing,” ujarnya.

Ditambahkan Henra, diharapkan dengan semakin gencarnya sosialisasi kepada masyarakat maka akan bisa meminimalisir volume sampah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danbrigif 13 Galuh/1 Kostrad Kolonel inf Jimmy T. P. Sitinjak, Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan. (P-2)***

Exit mobile version