Siswa SMPN 1 Singaparna Kenalkan Budaya Dunia

Siswa SMPN 1 Singaparna Kenalkan Budaya Dunia

Keterangan Foto: SMPN 1 Singaparna yang menggelar kegiatan pameran pakaian adat dan budaya kelas dunia, pada Jumat 10 Maret 2023 kemarin.

KLIK PRIANGAN – Ada banyak cara pihak sekolah dalam mengenalkan budaya Indonesia maupun Dunia kepada para siswa. Seperti yang dilakukan SMPN 1 Singaparna yang menggelar kegiatan pameran pakaian adat dan budaya kelas dunia, pada Jumat 10 Maret 2023 kemarin.

Pemeran bakaian adat dan budaya ini juga sebagai bagian dari ujian mata pelajaran, prakarya, seni dan budaya. Dalam kegiatan tersebut, para siswa mengenakan pakaian khas dari beberapa daerah Indonesisa dan pakaian khas dari beberapa negara. Selain itu, ada juga pameran makanan yang juga menyajikan berbagai jenis makanan di Indonesia.

“Kita ambil tema pameran adat dan budaya kelas dunia. Termasuk menyajikan makanan khas Nusantara,” jelas Kepala SMP Negeri 1 Singaparna, Jamaludin Malik.

Ditambahkan Jamaludin Malik, dalam pameran kelas dunia ini, masing-masing siswa berpenampilan khas daerah di Indonesia seperti, berpakaian khas Jawa barat, Aceh, Betawi, Jogja, Sumatera, Kalimantan, bahkan hingga pakaian khas dari Papua.

“Sebagian siswa juga memakai pakaian khas dari beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Cina, Jepang, India hingga Pakistan,” tambah Jamaludin.

Jamaludin menambahkan, selain dalam bentuk pakaian, siswa juga menyajikan berbagai jenis makanan khas Nusantara yang ikut dipamerkan. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari para siswa hal tersebut terbukti, Mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita, karena kita bisa lebih mengenal berbagai adat dan budaya baik Nusantara maupun secara nasional” ujar Nasya Shafira callysta, salah satu siswa kelas IX yang ikut menjadi peserta dengan pakaian negara Yunani.

Sementara itu, guru bidang mata pelajaran seni budaya dan prakarya, Bubung, menjelaskan, kegitan pameran budaya nasionl dan internasional ini sudah sering di lakukan SMPN 1 Singaparna. Namun untuk tahun ini ada beberapa perbedaan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi kegiatan ini sudah merupakan agenda rutin di SMPN Singaparna ini. Namun untuk kegiatan tahun ini panitianya semua di serahkan kepada para siswa,” jelas Bubung.

Hal ini dilakukan agar para siswa bisa mengetahui dan memahami proses penyelenggaraan sebuah kegitan. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan dan berlansung sukses. (P-3)***

Exit mobile version