banner 728x250

Tingkatkan Keamanan Perjalanan Dishub Ciamis Lakukan Ramp Check Bus Pariwisata

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN – Dalam upaya untuk meningkatkan dan mewujudkan keselamatan dalam pelaksanaan study tour, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 64/PK.01/Kesra yang mengatur tentang pelaksanaan study tour.

Berdasarkan surat edaran tentang study tour tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis langsung melakukan pengecekan kelayakan kendaraan (Ramp Check) bus pariwisata, salah satunya yang akan digunakan oleh siswa-siswi SMAN 1 Kawali Ciamis ke Yogyakarta, di wilayah Dishub Ciamis, Sabtu (18/05/24).

Kepala UPTD Dishub Kab.Ciamis Euis Lia Saputri, menyampaikan, bahwa Ramp Check ini bertujuan untuk memastikan kelayakan teknis dari bus pariwisata yang beroperasi di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Dalam kegiatan Ramp Check dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan bus pariwisata sejumlah 12 unit bus. Kami melaksanakan pengecekan kendaraan berupa rem depan dan rem belakang, uji lampu, kondisi ban, sistem suspensi serta kelengkapan keselamatan bus terdiri dari alat pemadam api ringan, pemecah kaca dan pintu darurat,” ungkapnya

Kegiatan Ramp Check tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga mencakup aspek keselamatan operasional dan pengawasan ketat terhadap kelayakan pengemudi yang terdiri dari buku uji KIR, STNK dan lainnya. Hal ini menjadi langkah penting dalam memastikan setiap perjalanan yang dilakukan dengan tingkat keselamatan secara optimal.

Pada kesempatan yang sama Kepala Sub Bagian TU UPTD Penguji Kendaraan Bermotor Dishub, Yogi Saekhul Hikayat menyampaikan jadwal Ramp Check untuk bus pariwisata yang akan study tour.

“Untuk bus pariwisata dilakukan Ramp Check h-1 sebelum pemberangkatan study tour apabila dilakukannya seminggu sebelum pemberangkatan hasil dari ramp check akan berubah. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan perjalanan transportasi yang lebih aman,” pungkasnya. (Agus Berrie)*