banner 728x250

5 Penyebab Bensin Motor Boros yang Wajib Diketahui Para Pengendara

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN – Berikut penyebab borosnya bahan bakar pada sepeda motor yang patut diwaspadai pengendara.

Ada banyak alasan mengapa sepeda motor boros bahan bakar. Padahal, salah satu penyebabnya adalah gaya berkendara yang tidak irit. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa sepeda motor bukanlah sepeda motor yang ramah lingkungan.

Namun, gaya berkendara bukanlah satu-satunya penyebab tingginya konsumsi bahan bakar sepeda motor. Jadi jangan salahkan diri Anda sendiri, bisa jadi ada faktor eksternal yang bekerja pada sepeda motor Anda yang menyebabkan konsumsi bahan bakar sepeda motor Anda menjadi boros bensin.

Berikut faktor pemborosan bahan bakar sepeda motor yang perlu Anda ketahui. Lihat di bawah ini!.

1. Tangki Bahan Bakar Tidak Tertutup Rapat
Jika kendaraan anda boros bahan bakar, anda perlu memperhatikan tangkinya.Ingatlah untuk menutup tangki dengan rapat karena bensin merupakan cairan yang mudah menguap.

2. Rem Seret
Rem yang seret akan membuat kendaraan kamu mengeluarkan tenaga yang keras untuk menggerakan pada roda motor. Maka, mesin pada motor akan menjadi cepat panas dan bahan bakar kamu akan semakin terkuras dengan sangat cepat.

3.Filter Udara Kotor
Filter udara merupakan salah satu elemen mesin yang memegang peranan cukup penting. Elemen ini sebenarnya berfungsi untuk menyaring udara yang masuk. Jika tidak sering dibersihkan, perangkat akan menjadi kotor. Nah, kotoran menghalangi aliran udara yang seharusnya masuk.

4.Sistem Pengapian Sepeda Motor Rusak
Sistem pengapian sepeda motor ini tidak menghasilkan pembakaran sempurna dan akan menyebabkan mesin sepeda motor kehilangan tenaga saat dioperasikan. Padahal, untuk melaju kencang harus menekan gas sedikit lebih keras. Artinya akan berdampak pada pembakaran bensin.

5. Rantai Sepeda Motor Kendor atau Sabuk CVT Melar
Rantai motor yang kendur akan dapat menyebabkan bensin seketika jadi boros penggunaan. Karena, rantai yang kendur akan mengakibatkan tarikan pada roda menjadi berat. Untuk motor matik atau skutik pada kondisi sabuk atau belt CVT yang melar juga bisa mengakibatkan boros bensin pada motor.

Itulah lima penyebab boros bensin pada motor yang wajib kamu ketahui khusunya para pengendara. Semoga bermanfaat.***

Penulis: Fikra Salma Nursahla/ SMK MJPS 2 Tasikmalaya.