banner 728x250

75 Anggota PPS Pemilu 2024 Kota Banjar Dilantik,  Disumpah Berintegritas dan Profesionalisme

banner 120x600
banner 468x60

KETUA KPU Kota Banjar, Dani Danial Muklis bersama Komisioner KPU Kota Banjar memakai pakaian adat sunda saat konprensi pers usai pelantikan PPS Pemilu 2024 di GBI, Selasa 24 Januari 2023.*

KLIK PRIANGAN – Sebanyak 75 orang Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS)  Pemilihan Umum Tahun 2024 Kota Banjar dilantik dan disumpah di Graha Banjar Idaman (GBI),  Selasa (24/1/2023).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan PPS yang bertugas di 25 desa / kelurahan se-Kota Banjar untuk mensukseskan Pemilu 2024 tanpa dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Kota Banjar.

Kendati itu, tak mengurangi rasa hidmat. Momen resmi menuju hajat demokrasi terus berjalan, lancar sampai akhir. Walaupun hanya dihadiri pejabat se tingkat Kabid, Camat dan Kepala Desa / Lurah di Kota Banjar.

Pelaksanaan tahapan kepemiluan tersebut berlangsung meriah, saat rangkaian acara dikolaborasikan dengan iringan musik tiupan terompet bersama pagelaran pencak silat.

Wujud ngamumule dan mendukung kebudayaan tradisional, seluruh Komisioner KPU Kota Banjar memakai seragam pakaian adat sunda yang dilengkapi iket di kapala.

Tak melupakan sejarah KPU Kota Banjar, terlihat hadir dan diundang seluruh “veteran” KPU Banjar yang bertugas pada generasi pertama sampai generasi keempat.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Badan Kesbangpol Kota Banjar, H.Samsu, mengapreasi atas terobosan KPU Kota Banjar yang ngamumule seni sunda, berbentuk pangelaran pencak silat saat momen resmi pelantikan PPS Kota Banjar.

Bersamaan itu, H.Samsu mengimbau kepada seluruh Penyelenggara Pemilu, termasuk PPS yang sudah dilantik terus mewaspadai money politik dan informasi hoaks di medsos, sejak tahapan Pemilu 2024.

” Integritas dan profesionalisme sudah sudah seharusnya dijunjung dan ditegakan. Ini semua demi masa depan bangsa dan negara ,” ucapnya.

Terkait perhatian Pemerintah terhadap Panitia Penyelenggara Pemilu yang mengalami kecelakaan atau meninggal dunia saat menjalankan tugas, mulai tahun 2024 sudah dialokasikan santunan.

” Pemilu 2024 ini beda, tidak seperti Pemilu 2019 lalu. Tak teralokasikan santunan. Kami berharap PPS yang dilantik sekarang ini, bertugas sampai Pilkada Kota Banjar ,” ucapnya.

Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muklis, menyatakan, 75 orang anggota PPS ini bertugas 15 bulan kedepan, terhitung sejak dilantik sekarang ini.

” Pelantikan dengan pengucapkan sumpah dan penandatangan fakta integritas, itu merupakan janji diri sendiri (PPS) kepada Allah SWT dan janji kepada rakyat. Juga bentuk bertanggungjawab atas tugas dan jabatan kepada bangsa dan negara  ,” ucap Danial.

Lebih lanjut dia menegaskan kepada seluruh PPS Pemilu 2024 yang dilantik dan disumpah mampu menjunjung integritas dan profesionalisme selama menjalankan tugas, sesuai fakta integritas yang ditandatangani tadi.

Diketahui, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi , DPRD Kab/Kota, dijadwalkan 14 Pebruari 2024.

Kemudian, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Kota Banjar dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, dijadwalkan, 27  November 2024. (P-5)***