banner 728x250

Anak Berkebutuhan Khusus Manggung di Food Court Plaza Asia Tasikmalaya

Ratusan anak berkebutuhan khusus saat berkreasi dihadapan para pengunjung mall. (Malik Ibrahim/"Klik Priangan").***
banner 120x600
banner 468x60

Ratusan anak berkebutuhan khusus saat berkreasi dihadapan para pengunjung mall. (Malik Ibrahim/”Klik Priangan”).***

KLIK PRIANGAN – Pengunjung mall Plaza Asia di Jl KHZ Mustofa Kota Tasikmalaya yang sedang mencari baju lebaran, menyempatkan menonton anak – anak disabilitas yang sedang tampil di atas panggung. Ratusan anak berkebutuhan khusus (ABK) dari berbagai sekolah luar biasa (SLB) se Kota dan Kabupaten Tasikmalaya itu, unjuk kabisa di panggung area food court Plaza Asia Tasikmalaya, Sabtu (15/4/2023).

Mereka sangat bersemangat menampilkan berbagai kreasinya, yakni pencak silat, bernyanyi, menari, fashion show hingga dakwah dan main band.

Para ABK terlihat aktif dan bergembira saat kebagian giliran manggung. Dihadapan para guru, pendamping dan ABK lainnya ekspresi kebahagiaan begitu lepas.

Sehingga mengundang para pengunjung mall untuk menyempatkan melihat aksi mereka.

Ketua Panitia Dewi Rahmawati mengatakan, kegiatan Ramadhan Bersama Disabilitas Show Your Dreams. Ekspresi religi anak-anak berkebutuhan khusus itu event yang menampung bakat – bakat para disabilitas.

“Karena memang saudara kita itu terkekang oleh waktu dan juga di masyarakat umum tidak ada ruang sehingga tidak bisa berkreasi. Sebuah ajang penampilan bakat yang diadakan sebagai bentuk penghargaan atas kemampuan yang istimewa, serta memberi wadah untuk berkembang dan memberikan inspirasi bagi semua orang,” katanya.

Melalui event ini membuktikan bahwa disabilitas punya dunianya sendiri dan bisa disaksikan oleh dunia luar. “Kreasi yang di tampilkan oleh anak – anak disabilitas yaitu seni tari, pencak silat, pengajian dan lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, para siswa disabilitas tersebut pelatihannya rutin setiap minggu sekali, karena memang disekolahnya sudah ada pelatihan, jadi ini bukan event pertama bagi mereka.

Ia menyebut, pada agenda ini, memang para siswa sangat antusias bahkan kalau tidak dibatasi oleh waktu mereka ingin tampil berulang kali, Namun karena waktu, jadi di batasi.

“Alhamdulillah, dalam event ini Bakti Kalam Insani memegang peran terpenting. Meski ada juga komunitas lain yang ikut berpartisipasi, karena komunitas berbagi Bakti Kalam Insani kita bisa berdiri seperti ini,” ujarnya.

Kenapa diadakan di Mall, alasannya sederhana, mereka ingin ditonton publik. “Agar diketahui masyarakat umum, jadi mereka ingin di tonton oleh orang – orang pada umumnya. Jadi mereka membuktikan bahwa mereka bisa berkreasi seperti kita,” pungkasnya.

Sementara dari Komunitas Berbagi Bakti Kalam Insani Hendra Herdiana mengatakan, event tersebut merupakan salah satu agenda yang sudah menjadi agend rutin dalam berbagi termasuk berbagi kebahagiaan terhadan anak berkebutuhan khusus.

Pihaknya bersama rekan-rekan dalam BKI berupaya untuk selalu istiqomah mengajak terutama stakeholder untuk peduli terhadap sesama. Sehingga bisa membantu para ABK untuk tetap berkreasi.

“Kami bersama rekan-rekan BKI, Insyaalloh akan terus melakukan kebaikan bagi sesama. Mudah-mudahan bisa istiqomah,” ujarnya. (P-2).***