banner 728x250

BNN dan Dinkes Periksa Kesehatan dan Tes Urine Puluhan Driver Bus di Kota Tasik

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN-Puluhan driver atau pengemudi PO bus Budiman Kota Tasikmalaya mengikuti pemeriksaan kesehatan dan tes urine yang digelar di sekretariat PO Budiman Jalan Ir Handa Kota Tasikmalaya, Kamis (04/4/2024).

Kegiatan kerjasama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya tersebut, dalam rangka mengantisifasi, dan mencegah terjadinya kecelakaan angkutan selama musim mudik lebaran.
“Kita melakukan tes urine kepada sejumlah awak angkutan bus di Kota Tasikmalaya termasuk di Pool Bus Budiman Kota Tasikmalaya,” ujar petugas Sub Sektor Rehabilitasi BNN Kota Tasikmalaya
Asep, Kamis (04/4/2024)

Lanjut Asep, dari hasil yang dilakukan tes urine kepada 30 orang driver atau sopir, semuanya negatif. Sehingga kata dia, setelah dilakukan pengecekan tes urine tersebut, mereka dianngap layak untuk terus melakukan perjalanan kembali.

“Intinya kegiatan pemeriksaan terhadap para pengemudi angkutan ini lebih kepada keselamatan armada bus dan penumpang,” katanya.

Sementara itu petugas kesehatan dari Puskesmas Indihiang Kota Tasikmalaya dr. Asep Soni mengatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan termasuk tes urine oleh BNN, semua driver yang dilakukan tes, kesehatannya dinyatakan aman dan diperbolehkan untuk jalan.
“Termasuk narkoba dan alkohol alhamdulillah negatif semua,” ujarnya.

Cek kesehatan armada angkutan pada musim lebaran 1445 H sendiri lanjut Asep sesuai perintah dari Dinas Kesehatan disetiap perusahaan angkutan yang ada di Kota Tasikmalaya.”Kami baru dapat perintah di Pool Bus Budiman saja. Ga tau biasanya suka dilaksanakan di Terminal tipe A Indihiang tapi belum tahu jadwalnya kapan,” ujarnya.

Dalam periksaan tersebut lanjut Asep, hanya random sampling saja karena yang diperiksa atau di tes hanya sebagian saja.

Untuk tensi kata dia, dari hasil pemeriksaan yang paling tinggi itu tensinya hanya 160 sehinga kami rekomendasikan semua laik jalan.
“Kalau ditemukan tensi diatas 180, kami tidak rekomendasikan untuk jalan,” kelasnya.

Ditempat yang sama, Petugas Operator PO Budiman Ahman Lujen mengatakan, pemeriksaan kesehatan untuk driver atau sopir angkutan di PO Budiman rutin dilakukan termasuk pada momentum musim mudik dan balik lebaran tiap tahunnya.

“Bagi kami jelas ini sangat menguntungkan karena keselamatan awak angkutan dan penumpang diatas segalanya. Jadi kami sangat mengapresiasi baik dari pihak BNN maupun Dinas Kesehatan Kota Tasik yang telah melakukan pemeriksaan terhadap armada yang ada di kami,” katanya.(Asep MS)*