banner 728x250

Dampak Gempa Bumi Garut, Belasan Rumah di Ciamis Terdampak dan Sebagian Mengungsi

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN- Gempa Bumi dengan Magnitude 6.5 berpusat di Kabupaten Garut, pada Sabtu, (27/04/2024), membuat warga dibeberapa wilayah yang terdekat dibuat kaget dan shok, termasuk wilayah Kabupaten Ciamis. Tidak hanya trauma, namun berdasarkan laporan yang diterima BPBD Ciamis, sedikitnya belasan rumah terdampak.

Meski ada beberapa kerusakan bangunan di beberapa wilayah yang terdampak, dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Ciamis, Ani Supiani, tidak ada korban jiwa atas tragedi tersebut. “Korban jiwa nihil, data sementara laporan masuk, pada hari Minggu, jam 02.00 WIB, ada 11 titik yang terdampak,” ungkapnya, Minggu, (28/04/2024).

Adapun Desa yang berada di Kabupaten Ciamis yang terdampak diantaranya, di Kecamatan Banjarnyar, Desa Kalijaya, dua (2) rumah yang terdampak, Desa Ratawangi, empat (4) terdampak, Desa Cicapar, dua (2) yang terdampak. Kecamatan Ciamis, Desa Penyingkiran, satu (1) terdampak.

Selanjutnya, Kecamatan Pamarican, di Desa Sukamukti, satu (1) rumah terdampak, dan Desa Sukamaju, satu (1) rumah terdampak. Terakhir, Kecamatan Cihaurbeuti, Desa Sukamaju, satu (1) rumah terdampak. “Dari beberapa titik tersebut, ada empat (4) rumah yang terpaksa diungsikan, karena kondisi rumahnya rusak, sedangkan yang lainnya rusak ringan,” jelasnya.

Untuk warga yang diungsikan tersebut, diantaranya rumah Oha Nugraha, di Dusun Kaligamping RT.16 RW.04 Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar, Rumah Yuda, Perum Jati indah Blok C2 Desa Penyingkiran Kecamatan Ciamis. Rumah kontrakan yang diisi oleh Sain, di Dusun Kertajaga RT.02 RW.01 Desa Sukamaju Kecamtan Pamarican, serta rumah Suhro, di Dusun Desa RT.8 RW.3 Desa Sukamaju Kecamtan Ciahurbeuti.

“Upaya saat ini, BPBD Ciamis terus berkoordinasi dengan aparat setempat dan warga, bersama relawan juga sedang melakukan pendataan dampak kerusakan. Adapun memberikan bantuan kebutuhan berupa terpal, sembako dan yang lainnya,” pungkasnya. Agus Berrie/KP***