banner 728x250

Hari HPNS 2023, Ketua DPRD Pangandaran Launching Event dan Hajatan Tanpa Sampah

Keterangan Foto: Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin Launching event dan hajatan tanpa sampah di wilayah Desa Pangandaran/Istimewa
banner 120x600
banner 468x60

Keterangan Foto: Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin Launching event dan hajatan tanpa sampah di wilayah Desa Pangandaran/Istimewa

KLIK PRIANGAN – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin Launching event dan hajatan tanpa sampah di wilayah Desa Pangandaran.

Pasalnya, Asep menginginkan Desa Pangandaran menjadi inisiator dan menjadi desa pertama di Kabupaten Pangandaran yang pada saat mengadakan event dan hajatan tanpa sampah.

“Itu bisa, pasti bisa selama kita punya keinginan yang kuat,” kata Asep saat diwawancarai kabar-priangan melalui Aplikasi WhatsApp, Rabu 22 Februari 2023.

Untuk memperkuat hal tersebut, Asep mengharapkan pemerintahan desa segera membuat peraturan desanya.

Selain itu, DPRD Kabupaten Pangandaran juga akan memperkuat dengan regulasi.

“Tidak hanya desa, pemerintah daerah juga harus terlibat, buat regulasinya minimal peraturan desa,” katanya.

Pegiat lingkungan sekaligus tour guide mancanegara Jajang, menyebut, alasan mengapa mengkampanyekan tanpa sampah di hajatan.

Karena, kebanyakan turis mancanegara sangat senang ketika dibawa tour ke tempat hajatan dibandingkan dibawa tour ke kawasan wisata.

“Turis asing itu bukan ke Ijen atau Bromo, mereka lebih tertarik ke tempat hajatan karena unik kegiatan besar dilaksanakan dengan gotong royong,” ucapnya.

Meskipun demikian, para turis asing tersebut menyayangkan banyaknya sampah yang berserakan di lokask hajatan.

“Para wisatawan mancanegara selalu bertanya kenapa sampah berserakan, ya saya tidak bisa menjawab,” ujarnya. (P-14)***