banner 728x250

Inisiasi Program Warung Sawios, Rossa Ajak Ibu-ibu Sultan di Sumedang untuk Berbagi

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN-Diva Indonesia Rossa, mengajak kepada ibu-ibu Sultan di Kabupaten Sumedang, untuk menggalakan kegiatan berbagai melalui program “Warung Sawios” yang baru dibentuk oleh dirinya bersama teman-temannya di Sumedang.
Ajakan tersebut, disampaikan langsung oleh Sri Rossa Roslaina Handiyani, pada acara Iftar Dinner For Charity, di Balong Hardi Sumedang (BHS), Senin, 25 Maret 2024, petang.
Dalam acara Iftar Dinner For Charity tersebut, penyanyi papan atas asal Sumedang ini, sengaja mengundang ibu-ibu Sultan di Sumedang, untuk bersilaturahmi dan mensosialisasikan program “Warung Sawios” yang telah diinisiasi dirinya, bersama teman-teman SMA dan SMP-nya.
Menurut Rossa, Warung Sawios ini, merupakan program sosial yang dilaksanakan dengan cara berbagi paket nasi kepada warga yang kurang mampu.
Paket nasi yang dibagikan kepada masyarakat ini, tentu tidak diberikan secara cuma-cuma, tetapi dijual dengan harga Rp 2.000,- per paket.
“Kalau dibagikan gratis kadang suka ada yang canggung, makanya kita jual dengan harga Rp 2.000,- per paket. Paket nasi yang akan dijual kepada masyarakat kurang mampu ini, dibeli dari pelaku UMKM setempat dengan harga Rp 15.000,- per paket,” kata Teh Ocha, panggilan akrab Rossa.
Teh Ocha juga menceritakan awal mula munculnya inisiatif tersebut. Menurut Ocha, ide Warung Sawios ini muncul pada saat dirinya sedang kumpul bersama teman-teman SMA dan SMP-nya, di Kafe Ibu Sumedang.
“Waktu itu saya kumpul sama temen-temen SMA dan SMP. Awalnya kita ngobrol-ngobrol, kemudian muncul ide untuk membuat kegiatan sosial di Ramadan. Akhirnya, munculah ide Warung Sawios,” tutur Ocha.
Program Warung Sawios ini, sambung Rossa, telah berjalan 14 hari, dan penjualannya disebar di 14 titik di wilayah Kabupaten Sumedang, salah satunya di wilayah Kecamatan Situraja, Tanjungkerta, dan Ujungjaya.
Selain membantu warga yang kurang mampu, kata Rossa, program Warung Sawios ini akan membantu juga para pelaku UMKM. Soalnya, paket nasi yang dijual dengan harga Rp 2.000,- kepada masyarakat itu, dibeli dari para pelaku UMKM dengan harga Rp 15.000,- per paket.
“Jadi selain bersilaturahmi, saya juga ingin mengajak kepada ibu-ibu untuk berpartisipasi menjadi donatur pada program Warung Sawios ini. Mau ikut donasi boleh, mau bikin sendiri juga boleh. Semoga program ini, dapat menularkan kebaikan bagi warga Sumedang,” tutur Rossa.
Ajakan yang sama, disampaikan Hj. Susi Gantini, istri dari Bupati Sumedang periode 2018-2023 H. Dony Ahmad Munir. Dalam silaturahmi tersebut, Hj. Susi, merespon positif program Warung Sawios yang diinisiasi penyanyi papan atas asal Sumedang itu.
Oleh karena itu, Hj. Susi mengajak kepada seluruh peserta yang hadir, untuk ikut mendukung program berbagai melalui Warung Sawios.
“Ini merupakan hal yang luar biasa. Kami semua telah berkomitmen akan mendukungnya. Insya Alloh, ke depan akan terus kita kembangkan, agar tidak hanya dilaksanakan pada bulan suci Ramadan saja. Kita juga bisa kembangkan lagi dalam bentuk lainnya, agar lebih besar lagi skala bantuannya,” tutur Hj. Susi.
Acara Iftar Dinner For Charity with Rossa ini, dihadiri oleh puluhan ibu-ibu Sultan di Sumedang, mulai dari kalangan pengusaha, politisi, hingga ibu-ibu pejabat. (Taufik Rahman)*