banner 728x250

Jelang Pemilihan Ketua DPD KNPI Kota Banjar, 3 Kandidat Siap Bersaing

banner 120x600
banner 468x60

KETUA DPD KNPI Kota Banjar, Mamat Rahmat.*

KLIK PRIANGAN – Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Kota Banjar dijadwalkan digelar Senin, 16 Januari 2023. Sejumlah bakal calon (balon) pengganti Ketua DPD KNPI Kota Banjar, Mamat Rahmat, bermunculan belakangan ini. Di antara nama-nama yang bermunculan di antaranya Andi Maulana, Agus Haryanto dan Muhammad Eka Ersetya Kinding.

Ketua DPD KNPI Kota Banjar, Mamat Rahmat, Rabu (11/1/2023), mengatakan, ada tiga balon atau bakal calon yang santer berniat maju pada pemilihan Ketua DPD KNPI Kota Banjar saat Musda DPD KNPI Kota Banjar mendatang.

“Dijadwalkan Musda DPD KNPI Kota Banjar digelar Senin, 16 Januari 2023. Beredar informasi yang berniat daftar pemilihan Ketua DPD KNPI Kota Banjar dan ramai di lapangan sementara ini sebanyak tiga orang balon,” ucap Mamat Rahmat, tanpa menyebutkan ketiga balon yang siap berlaga secara gamblang.
Keseriusan ketiga balon mendaftarkan diri, dijelaskan dia, semua akan terlihat saat Musda Senin mendatang.

Adapun pemegang hak suara atau hak pilih saat Musda Pemilihan Ketua DPD KNPI Kota Banjar, peserta dan peninjau  totalnya 49 orang. Meliputi, 42 suara Organisasi Kepemudaan Kepemudaan (OKP) di Kota Banjar, 4 KNPI Kecamatan,  1 DPD KNPI dan 1 KNPI Provinsi.

Menyikapi kesiapan pencalonan, Andi Maulana, menyatakan ia siap 100 persen. “Saya bermaksud maju karena banyak dukungan OKP. Bismillah, saya maju mencalonkan nanti,” ucap Andi Maulana.

Ditegaskan dia, niat maju pada bursa pemilihan ketua KNPI Kota Banjar, ini semua untuk KNPI Kota Banjar, untuk membawa perubahan dengan tetap bersinergi dengan semua kalangan, termasuk Pemerintah.

“Kami ingin KNPI Banjar kedepan mengalami perubahan, bersinergi dan bermartabat,” ucap Andi yang saat ini menjabat Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kota Banjar.

Keyakinan yang sama disampaikan Muhammad Eka Ersetya Kinding. “Bismillahirrohmanirrohiim. Saya Muhammad Eka Ersetya Kinding. S.Kep,.Ners, mencalonkan Ketua KNPI DPD Kota Banjar,” ucap Eka yang saat ini menjabat Ketua HIPMI Kota Banjar.

Dia berharap KNPI menjadi organisasi induk kepemudaan yang dapat berperan dalam membangun karakter Sumber Daya Manusia kepemimpinan pemuda yang berakhlak, kreatif, inovatif, dan berwawasan kebangsaan.

Selain itu, dia berharap KNPI Kota Banjar kedepan menjadi pemersatu jiwa pemuda yang berakhlak, menjadi wadah penampung ide/gagasan para pemuda.

Kemudian,  KNPI menjadi sarana bersama untuk menyalurkan ide/gagasan, hasil kreativitas dan inovasi, serta kontrol sosial kepada Pemerintah Daerah, sarana bersama untuk menerima  bimbingan, suport, dan kritik dari Pemerintah kepada pemuda.

Di tempat terpisah, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, saat membuka Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) KNPI Kota Banjar Tahun 2022 di Aula Dispora Kota Banjar, baru-baru ini, mengatakan, pemuda mempunyai peranan penting dalam pemerintahan.

Diharapkan pemuda berperan dan berkontribusi dalam pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Kota Banjar, dengan memberikan ide, gagasan serta inovasi baru dalam upaya meningkatkan pembangunan di Kota Banjar.

“Jika melihat sejarah perjuangan sebelum Indonesia merdeka maupun pascakemerdekaan, peran pemuda tidak boleh diabaikan, karena pemuda merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujukan cita-cita bangsa. Pemuda menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa,” ucap Wakil Wali Kota.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemerintah Kota Banjar terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Banjar.

Menurutnya, potensi pariwisata di Kota Banjar tidak terlalu besar, salah satu upaya Pemerintah adalah dengan menjadikan Kota Banjar menjadi Kota Tujuan event dengan menggelar event secara rutin.
“Di sinilah peran penting pemuda dalam melakukan promosi event Kota Banjar. Saya berharap pemuda dapat berperan aktif dalam pengorganisasian event-event yang digelar,” ucapnya. (P-8)***