banner 728x250

Jelang Ramadan dan Idul Fitri, TPID Fasilitasi Edukasi Belanja Bijak

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kutosali memberikan sambutan pada kegiatan peringatan Isra Mi'raj yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Senin (20/2/2023).*
banner 120x600
banner 468x60

Keterangan foto: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kutosali memberikan sambutan pada kegiatan peringatan Isra Mi’raj yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Senin 20 Februari 2023.***

KLIK PRIANGAN– Jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Bulan Ramadhan dan Idul Fitri (1444H) Tahun 2023 TPID Kota/Kabupaten se-Priangan Timur memfasilitasi Edukasi Bijak Belanja.

“Tidak terasa Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, untuk itu pada peringatan Isra Mi’raj kali ini Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya bersama TPID se-Priangan Timur
memfasilitasi edukasi belanja bijak kepada masyarakat menjelang HBKN Ramadan dan Idulfitri Tahun 2023,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Aswin Kutosali, Selasa (21/2/2023).

Untuk itu ujar Aswin, edukasi tersebut mengangkat momentum Isra Miraj yang memfokuskan pada refleksi ketelaudanan Rasul dalam kehidupan sehari-hari termasuk berniaga melalui Bijak Belanja.
“Bijak ini bukan berarti kikir, tetapi prilaku berbagi ataupun memperhatikan kebutuhan orang lain, agar semua masyarakat dapat menerima manfaat yang lebih berkah dalam konsumsi menjelang Ramadan dan Idulfitri tahun ini,” katanya.

Lanjut Aswin, edukasi belanja bijak juga disandingkan dengan implementasi Bank Indonesia Religi sebagai bentuk perluasan program budaya perubahan KPw BI Tasikmalaya yang bersinergi dengan pelaksanaan tugas dan peran Bank Indonesia dalam mendukung pengendalian inflasi daerah dan ekonomi syariah di Wilayah Kerja Priangan Timur.

“Edukasi Bijak Belanja Menjelang HBKN merupakan bagian dari fasilitasi upaya pengendalian inflasi terutama mendukung Gerakan Nasional Pendengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Wilayah Kerja KPw BI Tasikmalaya,” jelasnya.

Aswin menambahkan, berdasarkan rilis BPS periode Januari 2023, Inflasi Kota Tasikmalaya sebagai sistercity Priangan Timur mengalami kenaikan sebesar 0,41% (mtm) searah kenaikan inflasi Nasional dan Provinsi Jawa Barat masing-masing sebesar 0,34% (mtm) dan 0,47% (mtm).

“Kenaikan tersebut cenderung melandai dibandingkan bulan Desember 2022, secara tahunan inflasi Kota Tasikmalaya masih di atas rentang target 3±1%, yakni sebesar 6,61% (yoy),” katanya.

Oleh karena itu kata dia, fasilitasi edukasi bijak belanja perlu dilaksanakan sebagai salah satu upaya strategis untuk mengendalikan ekspektasi inflasi dan ketersediaan pasokan pangan agar risiko kenaikan harga di daerah Priangan Timur dapat dikendalikan.

“Kami juga menghimbau agar masyarakat Kota Tasikmalaya dan masyarakat kabupaten/kota lain di Priangan Timur untuk menjaga perilaku belanja bijak agar sesama kita dapat memaknai Ramadan dan Idulfitri Tahun 2023 dengan lebih baik dan berkah,” ujar Aswin. (P-4)***