banner 728x250

Kopyor Ramadan Penganan Paporit Buka Puasa di Kota Tasik

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN-Saat berburu takjil berbuka puasa di Kota Tasikmalaya, banyak makanan khas takjil yang ditawarkan para pedagang makana takjil seperti aneka kolek, candil, goreng-gorengan, burcang dan yang lainnya yang dijual disejumlah titik dan ruas jalan di Kota Tasikmalaya.

Dari sejumlah makanan khas takjil tersebut, salah satu makanan khas tajil yang paling banyak diburu di Kota Tasikmalaya adalah Kopyor. Berbeda dengan makanan khas takjil biasanya, kopyor merupakan kuliner khas Tasikmalaya yang hanya ada saat Ramadan saja.

Kopyor sendiri merupakan penganan manis yang terbuat dari roti dan parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang. Saat Ramadan, penjual kopyor di Kota Tasik terpusat di alun-alun dan sepanjang jalan Galunggung Kota Tasikmalaya.

Imas (44) salah seorang pedagang Kopyor di Jalan Galunggung Kota Tasikmalaya mengaku,, setiap harinya ia menjajakan sekitar 50 bungkus Kopyor. “Seharinya saya ngambil paling banyak 50 bungkus dari pabrik. Yang terjual tidak pasti kalau lagi rame bisa habis semuanya kadang hanya setengahnya,” kata Imas, Rrabu, (20/4/2024).

Untuk satu bungkus Kopyor lanjut imas biasanya dijual antara Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per bungkus. ” Ya kita tawarin dulu Rp 12.000 per bungkus, kalau nawar atau belinya cukup banyak kita jual Rp 10.000 per bungkus,” ujar Imas.

Dari usahanya tersebut Imas mengaku, setiap harinya bisa mendapat keuntungan Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Kalau yang terjualnya banyak ya alhamdulillah pak, keuntungan yang didapat bis sampai Rp 100.000, tergantung penjualan pak untung mah,” katanya.

Seperti halnya pedagang lain, Imas mengaku hanya berjualan Kopyor saat bulan Ramadan saja karena kopyor merupakan kuliner khas Ramadan saja.”Kalau sehari-hari saya kerjanya di rumah aja bantu suami. Kalau bulan puasa baru jualan,” katanya.

Menurut Imas, selain banyak banyak diburu warga Kota Tasikmalaya kopyor juga banyak dibeli masyarakat dari luar Kota Tasik seperti dari Ciamis dan Banjar bahkan Bandung. ” Kopyor kan hanya ada di Kota Tasik saja, sehinga warga luar Tasik banyak yang beli kopyor untuk sebagai oleh-oleh khas Kota Tasik,” ujarnya.

Rasanya yang manis dan menyegarkan sangat cocok untuk jadi salah satu pilihan menu berbuka puasa. Bagi warga yang ngabuburit di Kota Tasikmalaya, bisa nih berburu Kopyor di Jalan Galunggung dan Alun-alun Kota Tasikmalaya.(Asep MS)