banner 728x250

Lomba Poskamling Cegah Ganguan Kantibmas

Keterangan Foto: Salah satu Poskamling yang berada di Kampung Cideeng Desa Sukasenang Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya dilakukan penilaian dalam Lomba Satkamling yang digelar Polres Tasikmalaya.
banner 120x600
banner 468x60

Keterangan Foto: Salah satu Poskamling yang berada di Kampung Cideeng Desa Sukasenang Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya dilakukan penilaian dalam Lomba Satkamling yang digelar Polres Tasikmalaya.

KLIK PRIANGAN – Dalam merangsang kembali fungsi Poskamling (Pos Kemanana Lingkungan) di tengah-tengah masyarakat, Polres Tasikmalaya mengerakan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) guna diukut sertakan dalam lomba Satkamling tingkat Polres Tasikmalaya.

Setidaknya sebanyak 20 Satkamling dari 20 Kecamatan di wilayah hukum Polres Tasikmalaya mendapatkan penilaian, mulai dari aspek kelengkapan secara buku administrasi, keanggotaan dan peralatan pendukung lainnya yang diperlukan Poskamling.

Kasat Binmas Polres Tasikmalaya AKP Mohamad Safar mengatakan, kegiatan penilaian Satkamling di setiap Polsek ini dilaksanakan oleh Polres Tasikmalaya. Sehingga satu Polsek menyiapkan satu Satkamling yang akan dinilai. Dimana kegiatan penilaian Satkamling tersebut bertujuan untuk lebih mengaktifkan kembali peran Poskamling) dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Tujuan kegiatan perlombaan Satkamling ini ingin mengaktifkan kembali Satkamling atau Poskamling yang sebelumnya sempat berhenti atau tidak aktif,” jelas Safar, Rabu (1/3/2023).

Ia menambahkan, nantinya akan dipilih 3 juara terbaik yang kemudian diikut sertakan kembali dalam lombakan Satkamling di tingkat Polda Jawa Barat. Untuk penilaiannya, ujar Safar, ada beberapa kriteria tertentu sesuai kiriman penilaian yang dari Polda Jabar.

Hal itu mulai aspek kelengkapan struktur organisasi, kemudian kelengkapan administrasi termasuk buku tamu dan kegiatan, serta kejadian. Selain itu, aspek pendukung diantaranya ada kentongan, senter, tongkat, alat pemadam kebakaran, hingga borgol.

“Jadi aspek kelengkapannya yang ada di Satkamling tersebut. Untuk penilaian lainnya yang lebih lengkap ada jaringan wifi, ada portal jalan, dan kesigapan anggota Satkamlingnya itu sendiri,” kata dia.

Untuk pelaksanaan penilaian lomba Satkamling sendiri, kata dia, dilaksanakan 27 Februari hingga 3 Maret 2022.

Waka Polres Tasikmalaya Kompol Alan Haikal, menambahkan pada intinya kegiatan penilaian Satkamling ini, untuk lebih meningkatkan kembali Pos Kamling di lingkungan masyarakat. Sebab petus Satkamling inilah yang menjadi corong terdepan dalam pengamanan di lingkungan masyarakat.

“Sebab Satkamling mampu mencegah kejahatan di lingkungan, seperti curanmor, pencurian hewan ternak dan menghalau gerombolan bermotor,” jelasnya. (P-3)***