banner 728x250

Longsor di Bungbulang Timbun Jalan Penghubung Desa

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN – Sebuah jalan penghubung desa di wilayah Kecamatan Bungbulang tertimbun material longsoran. Akibatnya jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat sehingga warga yang mau melintas menggunakan roda empat atau lebih terpaksa harus mencari jalan alternatif.

“Ada tebing yang longsor dan materialnya menutup badan jalan penghubung desa. Bencana tersebut terjadi kemarin sore di kawasan Kampung Jengkol Lega, Desa Mekarbakti, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut”, tutur Kapolsek Bungbulang, AKP Usep, Selasa (23/4/2024).

Dikatakan Usep, begitu menerima laporan, pihaknya langsung bergerak ke lokasi longsor. Pantauan di lokasi, badan jalan tertutup ebih dari setengahnya sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, itu pun harus menggunakan sistem buka tutup.

Tertutupnya jalan tersebut cukup mengganggu aktifitas warga mengingat fungsi jalan yang cukup vital karena banyak digunakan warga. Jalan yang tertutup material longsoran merupakan jalan penghubung desa.

Menurut Usep, sebagai langkah penanganan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR dan pemerintahan setempat.
Pihaknya sudah meminta kepada Dinas PUPR untuk segera mengirimkan bantuan alat berat untuk menyingkirkan material longsoran dari badan jalan.

“Sambil menunggu alat berat datang, kami bersama warga pun berinisiatif membersihkan material longsoran dengan menggunakan peralatan seadanya. Saat ini jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua tapi belum bisa dilalui kendaraan roda empat atau lebih”, ujar Usep.

Dia berharap batuan berupa alat berat bisa tiba di lokasi secepatnya. Keberadaan alat berat sangat dibutuhkan untuk membentuk mempercepat proses pembersihan material longsor karena kalau hanya mengandalkan peralatan seadanya akan sangat sulit dan lama.

Usep menyampaikan, longsor yang terjadi di kawasan tersebut diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang masih terjadi di wilayah Bungbulang dan sekitarnya. Derasnya hujan menyebabkan tebing tak bisa menahan air sehingga terjadi longsor.

Kepada warga dan pengendara, Usep menghimbau agar senantiasa waspada mengingat di wilayah Bungbulang banyak titik rawan longsor.(Aep Hendy S)*