banner 728x250

Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

banner 120x600
banner 468x60

Gula aren merupakan olahan dari air nira pohon aren (enau) yang diambil dari tandan bunga jantan.. Untuk mendapatkan Gula Aren ada beberapa tahapan yang harus dikerjakan dan ini memakan waktu yang cukup lama apabila mulai dari awal pengambilan nira.

Gula aren dibuat tanpa bahan kimia. Gula aren memiliki perbedaan yang signifikan dengan gula lainya yang terbuat dari tebu dan gula kelapa karna memiliki keunggulan pada kandungan nutrisinya. Gula aren diketahui mengandung nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan jenis gula lain, seperti gula pasir putih dan brown sugar.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam gula aren adalah kalium, zat besi, serat, magnesium, dan antioksidan. Tak hanya itu, gula aren juga memiliki kandungan lemak dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir.Akan tetapi, kandungan nutrisi tersebut hanya tersedia dengan kadar yang kecil. Satu-satunya nutrisi dalam gula aren yang kadarnya tinggi adalah kalium.

Pembuatan Gula Aren diawali dengan menaruh bambu atau wadah dibawah potongan tandan sekitar 12 jam. Sebenarnya air nira ini sudah bisa di nikmati, karena rasanya manis dan segar.

Setelah terkumpul kemudian dilakukan perebusan nira dalam sebuah wajan besar. Biasanya menggunakan kayu bakar. Hal ini agar proses pengolahan akan menjadi lebih cepat. Tapi perlu diperhatikan juga, Api tidak boleh terlalu besar karena menjadikan rasa gula yang dihasilkan menjadi pahit dan warnanya menjadi hitam.

Proses pengolahan gula aren sudah selesai bila warna cairan menjadi pekat, dan selanjutnya yaitu menuangkan cairan gula pekat tersebut kedalam cetakan atau dibuat serbuk. Berikut beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan.

Membantu mengembalikan energi tubuh

Senyawa karbohidrat yang terdapat dalamnya bisa dicerna lebih cepat oleh tubuh daripada gula putih. Itulah sebabnya, mencampurkan beberapa sendok teh gula aren untuk mempermanis minuman, bisa memberimu dorongan energi

Menjaga kadar gula darah

Gula aren mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik yang lebih rendah dari pada gula putih atau madu. Itulah mengapa gula aren ini bisa membantu menstabilkan kadar gula darah lebih baik dari pada pemanis lainnya. Jadi, mengonsumsi gula aren ini tidak akan membuat tingkat energi meningkat drastis dan cepat habis.

Menjaga fungsi sistem saraf

Gula aren memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dari pada sayuran hijau dan pisang. Kalium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur. Mengonsumsi makanan berkalium juga bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi

Mendukung kesehatan pencernaan

Gula aren juga mengandung serat makanan bernama inulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini bisa membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.

Mengandung antioksidan yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa gula aren ini mengandung kadar vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih tinggi dari pada gula lainnya. Kandungan nutrisi tersebut termasuk fitonutrien. Senyawa nabati ini memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kronis.

Meningkatkan kekuatan tulang

Berkat kandungan mineralnya yang tinggi, seperti kalsium dan fosfor, manfaat gula aren untuk kesehatan adalah bisa membantu perkembangan tulang dan jaringan pada anak-anak. Selain itu, kandungan kalium dalam pemanis tersebut juga berperan penting dalam kesehatan dan pemeliharaan tulang dan jaringan otot.

Mencegah kerusakan DNA

Melansir dari Walailak Journal of Science and Technology, gula aren ini memiliki kemampuan untuk menjaga DNA dan menghindarinya dari kerusakan. Hal tersebut berkat kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol yang mencegah kerusakan DNA dari paparan radikal bebas. Adanya kerusakan DNA dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker hingga kelainan genetik.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Gula aren dapat membantu peningkatan produksi sel darah merah. Hal ini terjadi berkat vitamin B dalam gula aren meskipun dalam jumlah kecil. Meski begitu, penelitian masih perlu untuk memastikan manfaat gula aren pada peningkatan sel darah merah.

Mencegah penyakit kanker

Kandungan vitamin dan mineral dalam gula aren mampu mencegah perkembangan kanker kolon. Untuk itu, tidak ada salahnya mengganti gula yang kamu gunakan sehari-hari dengan jenis ini. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait khasiat gula ini dengan penyakit kanker.

Mengatasi gejala ulkus diabetic

Kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan C dalam gula aren mampu mengatasi luka akibat penyakit ulkus diabetik.

Mengangkat kulit mati

Gula menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengangkat kulit mati melalui proses eksfoliasi. Salah satunya adalah gula aren.Kamu bisa gunakan gula aren yang bentuk bubuk untuk kamu campurkan pada minyak kelapa hingga membentuk pasta. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang kering untuk menggosoknya.

Mengatasi kelelahan

Jika kamu merasa kelelahan terus menerus setelah melakukan berbagai kegiatan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi gula aren. Kandungan karbohidrat di dalamnya bisa menjadi sumber energi sehingga menurunkan rasa lelah.

Pemanis alami

Gula aren menjadi salah satu pemanis alami yang baik untuk kamu campurkan pada makanan dan minuman kesukaan. Dan bisa dikomsumsi langsung dengan cara diseduh.