banner 728x250

Mudah dan Lezat! Resep Lumpia Semarang yang Tak Tertandingi

banner 120x600
banner 468x60

KABAR PANGANDARAN – Kota Semarang, yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa, dikenal bukan hanya sebagai pusat bisnis dan budaya yang berpengaruh, tetapi juga sebagai tempat kelahiran salah satu makanan khas Indonesia yang paling ikonik, yaitu Lumpia Semarang.

Lumpia Semarang telah menjadi salah satu kuliner yang sangat disukai di seluruh Indonesia dan bahkan hingga mancanegara. Di dalam kulit tipis yang renyah, Anda akan menemukan campuran daging ayam, udang, rebung, tauge, dan bumbu-bumbu yang lezat.

Kali ini, kami akan membagikan resep lumpia Semarang yang mudah dibuat di rumah dan pastinya lezat. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan:

250 gram kulit lumpia (bisa dibeli di toko atau buat sendiri)
200 gram udang, kupas dan cincang halus
200 gram daging ayam, cincang halus
100 gram rebung, cincang halus
100 gram tauge
2 butir telur, kocok lepas
3 siung bawang putih, cincang halus
2 batang daun bawang, potong kecil-kecil
1 batang seledri, cincang halus
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula
Minyak untuk menggoreng
Air secukupnya untuk merekatkan kulit lumpia

Langkah-langkah:

Siapkan Isian: Panaskan sedikit minyak ke dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan daging ayam dan udang. Aduk hingga berubah warna.

Tambahkan Rebung dan Sayuran: Masukkan rebung yang sudah dicincang halus, tauge, daun bawang, dan seledri. Tumis sebentar hingga sayuran layu.

Bumbui: Tambahkan garam, merica, dan gula. Aduk rata hingga semua bahan tercampur. Angkat dari api dan biarkan dingin.

Bentuk Lumpia: Ambil selembar kulit lumpia, letakkan sekitar 2 sendok makan isian di tengahnya. Lipat bagian bawahnya ke atas, lalu lipat sisi kiri dan kanan ke tengah. Gulung hingga membentuk lumpia yang rapat. Rekatkan ujungnya dengan air.

Goreng Lumpia: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng lumpia hingga berwarna keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan di atas kertas minyak untuk menghilangkan sisa minyak.

Sajikan: Lumpia Semarang siap disajikan. Nikmati dengan saus yang Anda suka, seperti saus cabai atau saus kacang.

Resep ini menghasilkan lumpia Semarang yang enak dan renyah. Anda dapat menyesuaikan isian lumpia sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba membuat lumpia Semarang di rumah!***

Penulis: Wahyuni