banner 728x250

Pemkab Ciamis akan Menambah TPS 3R

Keterangan : Pemkab Ciamis melalui Dinas DPRKPLH Ciamis akan menambah dua titik pengolahan sampah TPS 3 R.
banner 120x600
banner 468x60

Keterangan Foto: Pemkab Ciamis melalui Dinas DPRKPLH Ciamis akan menambah dua titik pengolahan sampah TPS 3 R.

KLIK PRIANGAN – Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas DPRKPLH Ciamis, pada tahun 2023 ini akan menambah jumlah tempat pengelolaan sampah 3R (reduce, reuse dan recycle). Tambahan tempat pengolahan sampah 3R tersebut, rencananya akan dibangun di Desa Banagara Kecamatan Ciamis dan di Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan.

“Masalah sampah adalah persoalan budaya, membiasakan warga melakukan pengolahan sampah 3R itu tidak mudah. Sama-sama kita hadapi dan memerlukan kesabaran dari semua pihak untuk terus mengedukasi masyarakat,” kata Kabid Pengelolaan Sampah dan Kebersihan DPRKPLH Ciamis, Uus.

Ia mengatakan, saat ini sudah hapir di setiap desa ada bank sampah dan beberapa TPS 3R di Kabupaten Ciamis yang merupakan hasil kolaborasi serta kerja keras semua pihak baik masyarakat, kelompok lembaga swadaya, aparat pemerintah desa.

Dia mengatakan, lokasi TPS 3R menjadi tempat pengelolaan khusus karena menjadi salah satu proyek yang akan terus dimonitor dan dibina oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

“Semua TPS 3R yang ada ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat mulai dari memilah, memilih dan kemudia diolah sehingga menjadi barang – barang yang tadinya kurang berharga menjadi nilai jual yang cukup tinggi, serta pengolahan pakan magot untuk pakan ternak, ” katanya.

Uus mengharapkan TPS 3R baik yang baru akan dibangun dan yang sudah dibangun tersebut, semuanya diharapkan akan menjadi proyek percontohan untuk lahirnya TPS 3R lainnya di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

Ia menambahkan, pembangunan TPS 3R yang akan dibangun di dua lokasi tersebut, merupakan bantuan dari Pemerintah Probinsi Jawa Barat. Selain itu, pihaknya juga akan terus mendorong memaksimalkan bank sampah.

“Kita dorong terus adanya duplikasi di titik-titik lain dan warga juga bisa terus berpartisipasi khusus untuk bank sampah,” kata Uus.

Uus menilai keberadaan Bank Sampah akan meringankan beban dalam pengelolaan sampah yang dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Ciamis. Karena pada saat yang sama sampah juga memiliki nilai ekonomis yang bisa memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat.

” Alhamdulilah untuk di Kabupaten Ciamis dengan adanya bank sampah dan pengolahan TPS 3R, masalah sampah sudah teratasi hingga 39 persen, ” pungkasnya. ( Endang SB). *