banner 728x250

Pemkab Ciamis Diminta Tindak Tegas Rentenir Berkedok Koperasi

banner 120x600
banner 468x60

LSM Pemuda wilayah Ciamis saat melakukan audensi dengan pihak Pemkab Ciamis terkait banyaknya rentenir berkedok koperasi di wilayah Ciamis.*

KLIK PRIANGAN – Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Pemerintah Pusat dan Daerah (Pemuda) Priangan Timur meminta Pemkab Ciamis untuk menindak rentenir berkedok koperasi yang sangat meresahkan di tengah masyarakat.

Menurut Direktur Kajian Analisa LSM Pemuda wilayah Priangan Timur, Felix Fernandes, pihaknya banyak menemukan di lapangan ada sejumlah rentenir yang berkedok koperasi yang meminjamkan uang dengan bunga sangat tinggi.

“Bunga yang besar sangat mencekik masyarakat yang menjadi nasabah mereka,” katanya.

Felix menuturkan, temuan yang ditemukan di lapangan itu adalah koperasi yang menurutnya sudah lengkap badan usahanya. Namun selama mereka beraktifitas, mereka melakukan aktivitas penjualan uang dan itu diakui oleh mereka.

“Mereka itu sebenarnya rentenir namun dalam usahanya berkedok koperasi,” ucapnya.

Sementara itu, Asda-2 Setda Kabupaten Ciamis Aef Saefuloh menjelaskan, OPD teknis telah turun ke lapangan dan akan segera melakukan penertiban.

“Jadi kami sebenarnya dari OPD teknis langsung melakukan riset di lapangan terkait aduan yang dilaporkan. Paling tidak kami menyikapi apa yang terjadi. Sehingga, mudah-mudahan yang menjadi temuan LSM Pemuda terkait koperasi yang ada di Kabupaten Ciamis dapat diselesaikan,” jelasnya.

Kepala Bagian Hukum Setda Ciamis Deni Wahyu mengaku, bahwa Pemkab Ciamis telah membuat Raperda terkait Koperasi dan sudah disampaikan ke Provinsi dan saat ini Raperda itu sedang direvisi.

“Mudah-mudahan saja Pebruari sudah selesai dan bisa ditetapkan menjadi Perda, sehingga sepak terjang koperasi nanti jelas acuannya,” ungkapnya. (P-9)***