banner 728x250

Pemkab Garut Prioritaskan Perbaikan Jalan Jalur Mudik dan Wisata

banner 120x600
banner 468x60

KLK PRIANGAN-Menjelang Lebaran 2024, Pemkab Garut akan melaksanakan perbaikan sejumlah jalan raya yang rusak. Jalur mudik dan wisata menjadi prioritas yang akan segera diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Agus Ismail, menyatakan perbaikan jalan yang menjadi jalur mudik dan wisata bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Sebagaimana diketahui setiap musim libur terlebih musim mudik, jalan yang ada di wilayah Kabupaten Garut selalu ramai dilintasi kendaraan baik pemudik maupun wisatawan.

“Kami sudah alokasikan anggaran untuk perbaikan jalan khususnya jalur mudik dan wisata jelang Lebaran ini. Saat ini memang masih banyak jalur mudik dan wisata yang kondisinya rusak dan bolong-bolong”, kata Agus, Rabu (19/3/2024).

Mengingat di wilayah Kabupaten Garut ada juga jalan provinsi, imbuh Agus, perbaikan jalan yang akan dilaksanakan pun sebelumnya hasil koordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal ini disebabkan antar Pemkab Garut dan Pemprov Jabar masing-masing memiliki kewenangan dalam urusan jalan, sesuai statusnya.

Dia menerangkan, jalan provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Garut ada 4 ruas, di antaranya Jalan Raya Bayongbong, jalan utama Garut-Bandung via Kadungora serta Jalan Raya Cipanas, Tarogong.

Anggaran yang disiapkan untuk perbaikan jalan tahun ini, diakui Agus memang tidak terlalu besar. Namun demikian pengerjaannya akan dioptimalkan agar jalan di Garut bisa nyaman dan aman dilewati kendaraan.

“Alokasi anggaran yang kita siapkan untuk perbaikan jalan tahun ini hanya sebesar Rp15 miliaran. Sedangkan alokasi untuk anggaran pemeliharaan hanya Rp5 miliar”, ucapnya.

Pelaksanaan pengerjaan perbaikan jalan yang menjadi jalur mudik dan wisata ini diharapkan Agus bisa selesai dalam waktu cepat. Dengan demikian, pas musim.mudik tiba, seluruh jalur mudik dan wisata yang ada di Garut sudah bisa dilalui dengan nyaman dan aman terutama untuk jalur Pameungpeuk, Bungbulang, dan Banjarwangi.(Aep Hendy S)*