banner 728x250

Pesawat ‘Kepresidenan’ Terparkir di Tanjakan Gentong Tasikmalaya. Diharapkan Menjadi Icon Kabupaten Tasikmalaya

Pesawat Kepresidenan
banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN – Bagi anda yang hendak berangkat ke Bandung dan melintasi Tanjakan Gentong Atas, maka ada pemandangan tidak biasa sehabis tanjakan panjang tersebut.

Di kawasan tersebut, kini terparkir sebuah pesawat yang mirip dengan pesawat kepresidenen dengan motif warna merah putih.

Lokasinya berada di Kampung Patrol, RT 02 RW 02, Desa Kadipaten Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya.

Pesawat yang mirip dengan pesawat Presiden Joko Widodo tersebut parkir di pinggir jalan. Lokasi pesawat ini, jika dari arah Tasikmalaya ke Bandung, maka tepat sesudah Tanjakan Gentong, sebelah kanan.

“Sudah agak lama berada disana. Dulu sebelum dicat merah putih, pesawat itu ada tulisan Kartika Airlines. Tetapi sekarang sudah diganti catnya,” jelas Muslih (45).

Mengutip beberapa sumber, Kartika Airlines merupakan maskapai penerbangan yang sudah tidak lagi beroperasi sejak 2010. Sehingga kemungkinan ini merupakan pesawat bekas dari maskapai tersebut yang diubah fungsinya.

“Sepertinya untuk cafe atau resto. Karena sekarang lagi ngetren pesawat diubah menjadi tempat makan atau cafe, seperti di Sindangkasih Ciamis,” tambah dia.

Sementara itu, diketahui keberadaan pesawat ini merupakan daya tarik dalam pembangunan Rest Area Arifin Manasik Center (AMC) yang berada di sana. Lokasi ini juga menjadi gerbang perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut. Kini pembangunannya masih berjalan dengan pembenahan lahan untuk beragam fasilitas.

Menurut Penanggungjawab Rest Area Arifin Manasik Center, Jejen Setiawan, untuk rest area AMC ini rencana akan launching pada bulan Februari 2023. Dimana dengan lahan parkir yang luas dan kehadiran badan pesawat asli, diharapkan akan menjadi icon di Kabupaten Tasikmalaya.

“Rest area AMC juga akan memiliki fasilitas untuk mendukung sarana keagamaan. Selain memiliki rest area berupa tempat makan dengan area parkir luas dan SPBU, juga akan dibuat miniatur Ka’bah dan Masjid Nabawi,” ujarnya.

Selain itu juga, Jejen berharap, dengan adanya rest area AMC ini bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang ada di sekitar. Lokasi inipun ditaksir dapat mengurai kemacetan, karena di daerah Gentong ini sudah sangat dikenal dengan macetnya ketika menjelang libur hari-hari besar.

“Maka dengan adanya rest area ini, selain untuk mengurai kemacetan di ruas jalan nasional, tentunya ini juga akan menjadi PAD bagi Kabupaten Tasikmalaya,” jelas dia. (P-5)***