banner 728x250

Rapor Pendidikan dari Kemendikbudristek, Nilai Literasi SD dan SMP di Sumedang Naik Signifikan

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, baru-baru ini telah mengeluarkan Rapor Pendidikan Tahun 2023 untuk kabupaten/kota di Indonesia, termasuk di antaranya Kabupaten Sumedang.
Berdasarkan Rapor Pendidikan Tahun 2023 dari Kemendikbudristek RI, hasil penilaian capaian literasi (kemampuan baca tulis) dan numerasi (kemampuan menghitung) Kabupaten Sumedang ternyata mengalami kenaikan yang signifikan.
Seperti disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang Dian Sukmara, saat menginformasikan Rapor Pendidikan Kabupaten Sumedang tahun 2024, di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2024).
Dian menyebutkan, penilaian literasi untuk tingkat SD yang pada tahun 2023 lalu hanya berada di angka 70,75, di tahun 2024 ini naik menjadi 84,60. Begitu juga dengan nilai numerasi, dari yang semula hanya 53,61 di tahun 2023, sekarang naik menjadi 79,54 di tahun 2024.
Begitupun dengan dengan nilai literasi tingkat SMP. Angka literasi di Kabupaten Sumedang yang pada tahun 2023 hanya 70,10, tahun 2024 ini naik menjadi 80,73. Begitu pula angka numerasi naik dari 48,25 di tahun 2023 menjadi 76,26 di tahun 2024.
“Nilai dalam Rapor Pendidikan ini, menunjukkan bahwa tingkat literasi dan numerasi siswa jenjang SD dan SMP di Kabupaten Sumedang, sudah mencapai kategori Baik,” kata Dian.
Kenaikan nilai literasi dan numerasi ini, sambung Dian, merupakan hasil positif dari kerja keras seluruh stakeholders terkait. Karena tanpa dukungan dari berbagai pihak, mustahil literasi dan numerasi pendidikan ini bisa meningkat pesat.
“Mendorong kemampuan dan minat baca ini, bukan hanya tugas Dinas Pendidikan atau Dinas Perpustakaan dan Arsip saja, tetapi harus menjadi tugas semua. Semua unsur harus dilibatkan agar literasi dan numerasi lebih baik lagi,” ujar Kepala Disdik Sumedang.
Untuk itu, Disdik akan terus berupaya menjaga kolaborasi dengan semua unsur agar nilai Rapor Pendidikan Sumedang dapat terus naik dan meraih Kategori Baik.
Hal yang sama diungkapkan Penjabat Bupati Sumedang Herman. Menurut Herman, peningkatan indeks literasi dan numerasi untuk SD dan SMP dalam Rapor Pendidikan Kabupaten Sumedang ini, semata-mata merupakan hasil kerja sama dan kerja keras semua pihak.
“Untuk itu saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terutama bagi keluarga besar Disdik Sumedang, khususnya bagi para guru yang telah berdedikasi dalam memperjuangkan kemajuan pendidikan di Sumedang,” ujar Herman Suryatman. (Taufik Rahman)