banner 728x250

Serentak di 26 Kecamatan, Pemkab Sumedang Mulai Laksanakan Safari Ramadan Hari Ini

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN-Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, kini akan mulai melaksanakan kegiatan Safari Ramadan. Kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi ini, dilakukan secara serentak di 26 wilayah kecamatan.
Kegiatan Safari Ramadan tahun ini, memang sedikit berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Karena pada bulan suci Ramadan tahun 1445 Hijriah ini, nama kegiatan yang diusungnya “Safari Ramadan Kontekstual dan Berdampak”.
Artinya, kegiatan safari Ramadan kali ini tidak hanya sekedar seremonial saja, akan tetapi harus lebih jelas sasaran indikatornya, dan harus memberikan dampak positif bagi masyarakat.
Sebagaimana yang tertuang dalam Surat Perintah Tugas Bupati Sumedang Nomor 800.1.11.1/1962/2024. Dalam surat tersebut, Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman memerintahkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melaksanakan kegiatan “Safari Ramadan Kontekstual dan Berdampak” ke lokasi yang telah ditentukan atau terlampir dalam surat tersebut.
“Jadi untuk kegiatan Safari Ramadan tahun ini, kami menekankan supaya benar-benar kontekstual dan berdampak. Makanya acara Safari Ramadan kontekstual dan berdampak ini, akan kita laksanakan dari siang hari,” kata Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman, Senin, 18 Maret 2024.
Dalam pelaksanaannya, kata Pj Bupati Sumedang, kegiatan safari Ramadan kontekstual dan berdampak ini, akan diisi dengan tiga agenda kegiatan.
Agenda pertama, melakukan monitoring dan evaluasi ke desa-desa untuk memastikan jalannya pelaksanaan KKN Tematik mahasiswa, program penurunan angka kemiskinan, kesehatan ibu hamil dan pencegahan stunting.
Agenda kegiatan kedua, melaksanakan Salat Tarawih Keliling, yang dipimpin oleh Kepala OPD beserta Pejabat Struktural, JFT, dan Pegawai pada OPD masing-masing, sebagaimana jadwal dan lokasi terlampir.
Agenda kegiatan ketiga, menggelar operasi pasar murah, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan, perijinan, dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di lokasi kegiatan Safari Ramadan Kontekstual dan Berdampak.
“Kegiatan safari Ramadan tahun sekarang, akan dilaksanakan secara serentak mulai hari ini di 26 wilayah kecamatan, dengan dipimpin langsung oleh Kepala OPD masing-masing, sesuai dengan lokasi yang telah ditetapkan,” kata Herman.
Adapun untuk agenda safari Ramadan Pj Bupati Sumedang, bersama jajaran Forkopimda Sumedang, rencananya akan dipusatkan di Masjid Besar Sukasari, Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. (Taufik Rahman)*