banner 728x250

Tidak Hanya Penukaran Saudi Arabian Riyal (SAR), Bank BRI Sediakan Bank Notes untuk 21 Jenis Mata Uang Asing Lain

Salah satu petugas Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kanwil Bandung saat melayani nasabah penukaran mata uang asing.***
banner 120x600
banner 468x60

Salah satu petugas Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kanwil Bandung saat melayani nasabah penukaran mata uang asing.***

KLIK PRIANGAN – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kanwil Bandung menyediakan transaksi penukaran mata uang asing atau bank notes bagi nasabahnya.

Transaksi penukaran mata uang asing ini bisa dilakukan di Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit, dan bandara internasional yang berada dibawah wilayah Kanwil BRI Bandung.


Hal ini dijelaskan oleh Department Head Regional Transaction Banking Bank BRI, Kurnia Ramdhani kepada Kabar Priangan pada Rabu, 15 Maret 2023. Menurut Dhani panggilan akrab dari Kurnia Ramdhani, Bank BRI sendiri sudah menjadi bank devisa dari tahun 1956.


“Tidak hanya transaksi valas yang saat ini bisa dilakukan melalui Brimo Valas, Bank BRI juga menyediakan bank notes atau layanan kepada nasabah untuk melayani transaksi jual atau beli mata uang asing dalam bentuk uang kertas atau tunai,” jelas Dhani.

Saat ini ada 22 mata uang asing yang bisa ditukarkan di bank BRI, yaitu jenis mata uang Dollar Amerika (USD), Dollar Australia (AUD), Japanese Yen (JPY), Dollar Singapura (SGD), Euro (EUR), Saudi Arabian Riyal (SAR), China Yuan Renminbi (CNY), British Pound (GBP), Dollar Hong Kong (HKD), Malaysia Ringgit (MYR), Thai Bath (THB), Dollar Kanada (CAD), Swiss Franc (CHF), South Korean Won (KRW), New Zealand Dollar (NZD), Brunei Dollar (BND), Arab Emirat Dirham (AED), Vietnam Dong (VND), Indian Rupee (INR), Philipine Peso (PHP), Taiwan Dollar (TWD), Papua New Guinean Kina (PGK).


Dhani juga menjelaskan bahwa sekitar 42 persen dari market yang ada di Jawa Barat dalam layanan nasabah valas dikuasai oleh bank BRI.

“Adapun kenaikan marketshare berkaitan dengan layanan terbaik yang diberikan BRI, khususnya dalam layanan Money Changer. Hampir setengah dari total pengusaha Money Changer di Jawa Barat adalah mitra BRI sedangkan untuk individu selain nasabah kami, juga walk ini customer,” ucapnya.


Pada tahun 2022 kata Dhani, Bank BRI telah mendistribusikan SAR139.237.500 untuk memenuhi kebutuhan 92.825 jamaah haji di seluruh Indonesia, dan SAR40.000.000 untuk memenuhi kebutuhan jamaah umroh sepanjang tahun 2022 di seluruh Indonesia.


Bank BRI sebagaimana diketahui dari tahun ke tahun rutin menjadi pemenang tender penyediaan living cost jamaah haji dan umroh secara nasional dari Departemen Agama.

Sebagai salah satu bank BUMN yang memiliki peran dalam mensukseskan program nasional, Bank BRI selalu siap dalam menjalankan amanah, dalam hal ini sebagai penyedia dan pendistribusi living cost haji.


Untuk memenuhi dan meningkatkan layanan transaksi penukaran mata uang asing atau bank notes khususnya SAR (Saudi Arabian Riyal), BRI Kanwil Bandung melakukan komunikasi dan koordinasi terkait dengan stok persediaan SAR untuk mengakomodir kebutuhan SAR di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.


Dhani berharap melalui sosialisasi dan peranan nasabah serta masyarakat dalam melakukan transaksi di bank BRI khususnya money changer, diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan valas.

Baik itu untuk menjalankan ibadah maupun perjalanan wisata dengan rate yang kompetitif, sesuai peran BRI sebagai bank yang dekat dengan masyarakat dan turut serta menjalankan roda perekonomian di wilayah Jawa Barat. (Yanti).***