banner 728x250

Warga Heboh Ada Buaya Masuk Kolam Ikan

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN-Sejumlah warga di kampung Kubangeceng, Desa Mekarjaya Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, digegerkan dengan penemuan seekor buaya yang berenang bebas disebuah kolam ikan, Rabu (20/3/2024) pagi.

Buaya yang diketahui berada di kolam belakang madrasah tersebut pertama kali diketahui sekitar pukul 07.00 WIB. Lokasi ini tidak jauh dari daerah berumpun bambu dan pepohonan yang cukup rimbun. Ukuran buaya ada sebesar guling tidur dan diperkirakan memiliki bobot sekitar 20 kg.

Warga tidak habis pikir, mengapa ada seekor predator air di daerah mereka. Mengingat lokasi daerah ini jauh dari aliran sungai besar. Kabar temuan buaya tersebut lantas menyebar ke warga lainnya hingga menjadi tontonan.

Namun barulah setelah geger, diketahui buaya tersebut merupakan milik salah seorang warga di kampung tersebut yang lepas dan masuk ke dalam kolam. Hal ini setelah sang pemilik buaya datang dan mengakui buaya tersebut peliharaannya yang lepas.

Salah seorang warga, Hendra, menuturkan penemuan buaya pertama kali diketahui oleh warga yang hendak ke sawah dan melewati jalan tersebut. Namun ternyata di atas tembok yang biasa dilewati itu terlihat ada seekor buaya mengambang di kolam ikan. Penampakan buaya begitu terlihat karena beningnya air kolam.

“Awalnya banyak yang tidak percaya itu buaya, paling katanya biawak. Namun setelah melihat wujud aslinya, benar itu seekor buaya. Warga jelas kaget karena selama inikan dari mana di daerah sini ada buaya,” ujar Hendra.

Masyarakat pun berbondong-bondong ke lokasi. Bahkan mereka ramai-ramai menonton proses penangkapan buaya tersebut. Usut punya usut, terkuak lah bahwa buaya tersebut milik salah seorang warga, yang tinggal di seberang daerah berumpun bambu. Buaya tersebut lepas dan menyebrang ke kawasan kolam ikan tawar.

“Jadi ternyata ada tetangga yang memelihara buaya, katanya lepas karena pagar penghalangnya terbuka. Masyarakat juga tidak ada yang tahu, termasuk saya juga. Buayanya besar, sekitar 20-an kilo,” turur Hendra.

Sebagai hewan peliharaan, buaya tersebut tidak tampak ganas dan agresif menyerang manusia. Bahkan saat warga hendak menangkapnya pun sang predator ini tidak kabur, tetapi mendekat tapi tidak menyerang. Saat ini buaya tersebut sudah ditangkap kembali dan dikembalikan ke kandang yang ada di rumah pemiliknya. (Aris Mohamad Fitrian)*