banner 728x250

Warga Pangandaran Dikagetkan oleh Hewan Langka di Dalam Rumahnya

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN – Seorang warga di Pangandaran bernama Wawan Hermawan (45) dikagetkan oleh seekor hewan langka jenis kukang.

Kukang itu masuk ke dalam rumah Wawan warga Dusun Cibuluh 1 RT 12 RW 03 Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Wawan sempat mengira hewan yang berkeliaran bebas di rumahnya itu adalah seekor kucing. Wawan pertama kali menemukan kukang tersebut pada Minggu 10 Maret 2024 sekitar pukul 23.00 saat masuk ke dalam rumahnya.

Wawan mengatakan, dirinya saat masuk ke dalam rumah dan membuka pintu, Wawan seketika kaget melihat kukang berada di atas pintu sedang bergelantungan.

“Waktu pulang rumah, pas buka pintu rumah saya kaget di atas pintu di loster angin angin ada hewan yang dikira anak kucing. Tapi, ternyata Kukang Jawa,” kata Wawan saat diwawancarai Kabar Priangan melalui Aplikasi WhatsApp, Rabu 13 Maret 2024.

Pertama melihat ia mengaku sempat kebingungan untuk melakukan evakuasi atau menangkap Kukang Jawa.

“Kami menangkap dengan hati hati pakai jaring ikan dan sementara di amankan di keranjang plastik,” katanya.

Menurut Wawan, Kukang Jawa tersebut berada di dalam rumahnya kemungkinan sudah lebih dari satu bulan.

Hewan itu masuk rumah lewat pohon buah buahan di samping rumah.

“Kebetulan, rumah saya dikelilingi pohon buah buahan. Anak saya sendiri sebelumnya sering mendengar suara di atas atap. Tapi, dikiranya tikus biasa,” ucap Wawan.

Sepengetahuannya, Kukang Jawa merupakan satu hewan langka yang dilindungi.

“Makanya, rencana mau saya serahkan ke pihak BKSDA Pangandaran,” ujarnya. (Kiki Masduki)*