banner 728x250

UPI Kampus Sumedang Lakukan Penandatanganan PKS dengan Lapas Kelas IIB Sumedang

Direktur UPI Kampus Sumedang, Prof. Dr. H. Yudha Munajat Saputra., M.Ed., dan Kepala Lapas Kelas IIB Sumedang, Imam Sapto Riadi, A.Md.IP., S.Pd., MH (dok UPI Sumedang/"Klik Priangan").***
banner 120x600
banner 468x60

Direktur UPI Kampus Sumedang, Prof. Dr. H. Yudha Munajat Saputra., M.Ed., dan Kepala Lapas Kelas IIB Sumedang, Imam Sapto Riadi, A.Md.IP., S.Pd., MH berfoto usai penandatangan kerjasama. (dok UPI Sumedang/”Klik Priangan”).***

KLIK PRIANGAN – Guna meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan pelaksanaan fungsi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, fungsi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Sumedang melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sumedang.

Penandatangan PKS ini dilakukan langsung oleh Direktur UPI Kampus Sumedang, Prof. Dr. H. Yudha Munajat Saputra., M.Ed., dan Kepala Lapas Kelas IIB Sumedang, Imam Sapto Riadi, A.Md.IP., S.Pd., MH  di Aula Lapas Kelas IIB Sumedang pada Selasa (4/3/2023).

Dimana dengan PKS ini, diharapkan kedua belah pihak mendapatkan manfaat secara timbal balik.
Dalam poin utama yang tertuang di PKS tersebut, UPI Kampus Sumedang dalam hal ini Program Studi Profesi Ners mengadakan program pelayanan kesehatan bagi warga binaan Lapas atas dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara pihak Lapas memberikan pendampingan dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh mahasiswa maupun dosen Program Studi Profesi Ners UPI Kampus Sumedang.


Prof. Yudha dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak Lapas atas kesempatan yang diberikan bagi UPI Kampus Sumedang khususnya Prodi Profesi Ners. “Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Lapas yang telah memberikan kesempatan kepada kami dari UPI Kampus Sumedang, baik itu mahasiswa maupun dosen khususnya Prodi Profesi Ners untuk melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Lapas Sumedang ini,” ucap Prof. Yudha.


“Diharapkan dengan kerja sama ini dapat membantu meningkatkan mutu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan  juga diharapkan berdampak bagi kesehatan warga binaan Lapas,” lanjutnya.

Prof.Yudha juga berharap agar kerjasama yang dilakukan ini juga dapat menunjang program pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Sumedang, khususnya pelayanan kesehatan kepada kelompok khusus.


Kalapas Sumedang, Imam Sapto Riadi dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kerjasama dengan UPI Kampus Sumedang ini. “Sejalan dengan apa yang diharapkan oleh UPI Kampus Sumedang, kami juga berharap kerjasama ini bisa meningkatkan kesehatan warga binaan lapas,” ucap Imam.

Imam juga berharap agar program yang dilaksanakan ini bisa berkelanjutan bagi warga binaan. Misalnya berupa pelatihan kader kesehatan untuk warga binaan yang akan membantu petugas kesehatan lapas, yang nantinya bisa memberikan pertolongan pertama bagi warga binaan.


“Selain itu dengan dengan adanya mahasiswa prodi Ners yang melaksanakan praktik di Lapas, diharapkan status kesehatan warga binaan dapat terpantau secara menyeluruh. Hal ini tentu merupakan simbiosis mutualisma antara Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang dengan Lapas Sumedang,” jelas Imam.


Reni Nuryani, M.Kep, Ns,Sp.Kep.J, Ketua Program Studi Profesi Ners UPI Kampus Sumedang, menjelaskan lebih rinci perjanjian kerjasama antara pihak UPI Kampus Sumedang dengan Lapas Kelas IIB Sumedang. “Berdasarkan PKS,  lingkup aktivitas kerjasama ini antara lain yaitu program pendidikan keperawatan untuk capaian pembelajaran sesuai kompetensi peserta didik mahasiswa program studi ners, penyelenggaraan program kegiatan bagi warga binaan Lapas dalam bidang kesehatan, kegiatan penelitian baik yang dilaksanakan oleh peserta didik maupun dosen, dan juga  kegiatan magang bagi mahasiswa program studi ners,” paparnya.


Reni berharap bahwa inisiasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Studi Profesi Ners UPI Kampus di Sumedang dan Lapas Kelas IIB Sumedang ini mudah mudahan bisa berkelanjutan dan memenuhi harapan kedua belah pihak. Dimana salah satunya yaitu bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya warga binaan Lapas kelas IIB Sumedang.(Helma).***