banner 728x250

Jepretan Gawai Mampu Menghasilkan Kualitas Foto Profesional

Salah satu produk gawai yang dipasangi kamera resolusi besar diperlihatkan saat event di OPPO Experience Tasikmalaya. (Malik Ibrahim/"Klik Priangan").***
banner 120x600
banner 468x60

Salah satu produk gawai yang dipasangi kamera resolusi besar diperlihatkan saat event di OPPO Experience Tasikmalaya. (Malik Ibrahim/”Klik Priangan”).***

KLIK PRIANGAN – Seiring dengan semakin meningkatnya teknologi. Hanya dengan menggunakan ponsel atau kamera handphone, bisa mendapatkan foto yang bagus.

Tidak hanya menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) meski dengan menggunakan handphone, foto potrait hasilnya bisa bagus, apalagi untuk fotografer pemula.

Kebutuhan untuk mendokumentasikan momen penting atau acara keluarga atau bisa juga sebagai penunjang pekerjaan, kini sangat mudah dan cepat.

Kamera DSLR kedepannya akan mendapatkan pesaing terberat. Sebab hp kini sudah dipasangi perangkat kamera canggih. Dengan resolusi tinggi juga fitur-fitur kamera yang sangat mudah diaplikasikan hingga hasil fotonya bagus.

Bahkan produsen hp kini sudah banyak yang berkolaborasi dengan merk-merk kamera terkenal yang sangat luar biasa. “Nah itu, bisa membantu pekerjaan motret para fotografer profesional juga,” kata M. Salim Bhayangkara Fotografer Tasikmalaya, saat berbagi kiat-kiat atau teknik pengambilan foto potrait di OPPO Experience Tasikmalaya di Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, Sabtu (18/3/2023).

Menurutnya, gelaran event ini sangat cocok untuk mengetahui bagaimana caranya mengambil gambar atau motret orang dengan hp. Namun hasilnya potrait itu bisa bagus seperti foto profesional, tentunya dengan meminimalisir anggaran tanpa kamera dslr.

“Intinya sharing fotografi tentang potrait.
Tidak hanya bisa dilakukan dengan kamera DSLR, namun dengan handphone juga bisa,” katanya.

Salah satunya produk Oppo mengeluarkan produk baru yang memang kebutuhanya untuk potrait. Makanya sharing ini temanya Photography Discussion “The Portrait Expert.

“Baiknya pencahayaan juga teknik fotografi, kita belajar bareng juga disini. Tanpa pakai kamre dslr semua bisa motret. Saat ini Hp bisa dikatagorikan satu alat untuk fotografi. Dari anak kecil sampai orang tua bisa motret dan mudah digunakan,” katanya.

“Jika bepergian sudah agak-agak males bawa kamera dslr berat juga. Apalagi sudah muncul hp secara resolusi, secara kualitas kamera atau lensanya sangat bagus,” sambung dia.

Untuk kualitas cetak, kata Salim, dengan hp tersebut diatas bisa cetakan foto sampai ukuran 60×90 atau 16R bahkan untuk ukuran 20R masih aman. Asalkan dengan teknik foto dan pencahayaan yang baik saat pengambilan gambar.

“Produk hp oppo Reno 8T bisa jadi pilihan. Atau dengan bajet Rp4-Rp5 juta sudah bisa mendapat hp dengan fitur kamera cangguh, dibanding kamera dslr harus beli lensa lagi,” ujarnya.

Harapan kedepan, lanjut Salim, dengan semakin cepatnya teknologi, hp bagi forografer bisa membantu memudahkan kerja-kerjanya. Selain untuk pehobi foto juga sangat bisa.

“Saat ini sudah banyak flatform atau web yang menampung foto untuk dijual. Bisa sebagai stok foto atau kontributor,” ungkapnya.

Event ini juga diharapkan rutin atau bisa lebih banyak lagi. Sebab, kata dia, edukasi dan etika foto itu perlu bagi masyarakat.

“Jaman sekarang media sosial sangat berpengaruh. Jadi jagan asal jepret, sebab ketika foto itu di aplod di medsos dan menyalahi etika, itu akan jadi bumerang juga,” katanya.

Marketing Planner OPPO Experience Tasikmalaya Jason Jonthan mengatakan, event fotografi kali ini merupakan yang kedua kalinya. Ia menyebut event biasa dilakukan 2 kali dalam satu bulan.

“Kebetulan temanya the portrait expert pas dan sesuai dengan produk terbaru Reno 8T series. Sekarang kamera hp bisa hasilkan foto sekelas profesional,” katanya.

Kata dia, karena hp sekarang sudah canggih dan kamera hp sudah ada yang mencapai 108 mega pixel. Sehingga kualitas foto akan bagus. Dengan hp juga bisa foto untuk pekerjaan selain life style

“Pasar sekrang targetnya orang yang sering menggunakan sosial media. Kita juga menargetkan fotografer pemula. Dimana bisa coba dulu pakai hp sebelum pakai kamera dslr. Soalnya di hp sekarang ada fitur Pro seperti kamera dslr,” ungkapnya.

Kata Jason, tergantung bagaimana yang mengambilnya. “Misalkan kita pake hp pun jika pengambilan gambarnya dengan teknik yang bagus, skill yang bagus, maka hasilnya juga bisa bagus. Meskipun hanya menggunakan hp,” ujarnya. (P-2).***