banner 728x250

Persib Bandung Kembali Kuasai Tahta Klasemen. Kalahkan PSIS 3-1 di Kandang Mahesa Jenar

Marc Klok
banner 120x600
banner 468x60

Gelandang Persib, Marc Klok berebut bola dengan pemain PSIS Semarang dalam pertandingan pekan ke 21 Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri Semarang yang berakhir dengan kemenangan Persib 3-1. Marc Klok menyumbang satu dari tiga gol yang dihasilkan Persib./INSTAGRAM.COM/@persib

KLIK PRIANGAN – Persib Bandung kembali merebut takhta klasemen sementara Liga 1 2022/2023 setelah dalam laga pekan ke 21, Pangeran Biru berhasil mempermalukan PSIS dikandangnya sendiri dengan skor 3-1, Selasa (31/1/2023).

Tiga gol yang diciptakan Persib merupakan hasil cetakan Marc Klok di menit ’18, Ciro Alves menit ke ’36, dan David da Silva di menit ’80. Satu-satunya gol balasan PSIS disumbangkan oleh Taisei Marukawa di menit ’65.

Dengan kemenangan ini, Persib berhasil mengemas tiga poin penuh dan langsung bertengger di puncak klasemen dengan total poin 42.

Maung Bandung berhasil mengkudeta puncak klasemen dari Macan Kemayoran yang saat ini mengemas 41 poin dari 21 laga yang telah dilakoni.

Dalam laga yang digelar di Stadion Jatidiri Semarang, Luis Milla menurunkan Nick Kuipers, Victor Ignonefo, Kakang Rudianto, Daisuke Sato dan Rachmat Irianto sejak menit pertama.

Sementara di depan, trio Ezra Walian, David da Silva dan Ciro Alves menjadi andalan dengan dukungan Dedi Kusnandar dan Marc Klok dari lini kedua.

Dengan memasang tiga penyerang sekaligus, didukung oleh pasokan Marc Klok dan Kakang Rudianto serta Dado di lini tengah sebagai pemasok bola ke lini serang, membuat daya gedor Persib menjadi sangat kuat.

Terbukti, saat pertandingan baru berjalan dua menit, David da Silva nyaris menambah rekor gol cepatnya.

Pemain asal Brasil ini mendapat peluang ketika dia lolos dari jebakan off side. Sayang, tendangannya berakhir di sisi kanan gawang.

Begitu pun dengan Cirro Alves dan Ezra Walian, beberapa kali mengancam gawang PSIS. Namun hingga menit ke 15, Persib belum bisa menciptakan gol.

Baru pada menit ke 18, Bobotoh Persib sa-alam dunya berteriak girang setelah Marc Klok berhasil merobek jala lawan yang dijaga oleh Adi Satryo.

Marc Klok yang mendapatkan bola di tengah lapangan, membawanya memasuki daerah pertahanan PSIS.

Dia lalu menyodorkan bola kepada Da Silva. Penyerang Brasil itu membawanya melewati kiper Adi Satryo, lalu mengirimkannya ke mulut gawang yang disambar sundulan Klok.

Ciro Alves sebenarnya bisa menambah keunggulan di menit 27 ketika dirinya mendapat umpan terobosan. Namun, wasit Armyn Dwi Suryathin menganggap offside.

Alves baru bisa menggandakan keunggulan di menit 36. Berawal dari Ezra Walian, memberikan bola kepada Da Silva dan langsung meneruskannya kepada Ciro Alves.

Dengan kaki kirinya, Alves menyambar bola untuk membuatnya bersarang di gawang PSIS.

Di menit-menit akhir babak pertama, PSIS sempat mengancam tidak hanya dari permainan terbuka, tapi juga melalui tendangan bebas dan sepak pojok.

Namun, Persib tampil sangat baik sehingga sampai babak pertama berakhir, Persib tetap unggul dengan skor 2-0.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, Mohammad Ridwan sebagai caretaker  pelatih PSIS mengubah strategi. Hasilnya, Carlos Fortes dkk berhasil menggempur pertahanan Persib.

Untungnya, Teja Paku Alam tampil gemilang sehingga gawangnya tetap aman.

Di menit 54, kartu kuning keluar dari saku wasit dan diterima oleh Kakang Rudianto karena menarik Taisei Marukawa.

Tiga menit berselang, Pangeran Biru melakukan pergantian dengan memasukkan Beckham Putra Nugraha menggantikan Ciro Alves.

Gempuran demi gempuran yang dilakukan oleh PSIS akhirnya membuahkan hasil. Taisei Marukawa yang berkali-kali mengancam gawang Persib akhirnya berhasil menjebol gawang Teja Paku Alam.

Marukawa mencetak gol untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1 di menit 65. Pelatih Luis Milla langsung merespon dengan mengganti tiga pemain sekaligus.

Abdul Aziz, Febri Hariyadi dan pemain debutan baru, Rezaldi Hehanussa masuk menggantikan Dedi Kusnandar, Ezra Walian dan Daisuke Sato.

Keputusan Luis Milla ini terbukti ampuh. Persib yang semula mendapat tekanan berhasil bangkit dan balik menyerang.

Pada menit 72, Rezaldi mengirimkan umpan silang dari sisi kiri. Bola mampu menggapai David Da Silva, tapi sayang sundulannya belum mengarah ke gawang.

Di menit 80, Rezaldi kembali mengirimkan umpan silang dan kali ini disambar dengan sepakan voli oleh Da Silva.

Tendangan voli David da Silva Ini meluncur deras tanpa bisa terbendung oleh kiper PSIS. Gol pun tercipta dan da Silva berhasil mengukir namanya di papan skor. 3-1 untuk Persib.

Setelah tambahan waktu empat menit di waktu normal, wasit meniupkan peluit panjang tanda laga berakhir untuk kemenangan Persib. ***