banner 728x250

Timnas Indonesia Taklukan Filipina 2-1, Siapa Lawan Garuda di Semi Final Piala AFF 2022?

Cetak Gol
banner 120x600
banner 468x60

KLIKPRIANGAN – Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Filipina di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 dengan skor 2-1. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia  memastikan diri lolos ke semifinal bersama Thailand yang menjadi Juara Grup.

Laga Timnas Indonesia vs Filipina digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, pada Senin, 2 Januari 2023 pukul 19.30 WIB. Gol Timnas Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistiawan pada menit 21’ dan Marselino Ferdinan di menit 43’.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia pada laga Semi Final akan berhadapan dengan Timnas Vietnam yang menjadi Juara Grup B.

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Filipina berlangsung cukup sengit. The Azkals, julukan Timnas Filipina bermain lepas tanpa beban.

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh para pemain Filipina, sehingga membuat Nadeo Argawinata kerepotan dalam mengamankan gawangnya.

Situasi tersebut terus terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-10, Skuad Garuda masih belum bisa keluar dari tekanan.

Namun lepas dari 10 menit pertama, anak-anak asuh Shin Tae-yong mulai bangkit. Mereka mulai bisa menandingi permainan Timnas Filipina yang bermain tanpa beban.

Hasilnya, di menit ke ‘21, Timnas Indonesia mampu mencuri keunggulan lewat tandukkan Dendy Sulistyawan.

Penyerang Bhayangkara FC itu sukses memanfaatkan umpan lambung dari Pratama Arhan. Tandukan kepalanya berhasil membobol gawang Filipina sehingga Timnas Indonesia unggul 1-0.

Sesaat setelah itu, Nadeo Argawinata terlihat meringis kesakitan usai berbenturan dengan Stephan Schrock.

Penjaga gawang berpostur 1,87 meter itu harus ditarik keluar dan digantikan oleh Syahrul Trisna pada menit ke-22.

Walaupun demikian, Timnas Indonesia masih mengontrol jalannya pertandingan. Memasuki menit ke-30, Skuad Garuda terus melakukan tekanan ke pertahanan Filipina. Serangan pelan namun pasti diterapkan oleh Skuad Garuda.

Akan tetapi, beberapa peluang yang didapat oleh Timnas Indonesia tak mampu menambah keunggulan.

Menjelang babak pertama usai, Marselino Ferdinan 43’ berhasil membuat seluruh warga Indonesia yang menonton pertandingan itu bersorak gembira.

Lewat permainan tik tak dari kaki ke kaki, Marselino berhasil membuat jala Filipina kembali bergetar, dan membuat Indonesia unggul 2-0.

Di babak kedua, Timnas Indonesia terus berusaha menambah jumlah golnya. Skuad Garuda pun mendapat peluang emas langsung lewat Witan Sulaeman di menit ke-49.

Namun, serangan Witan yang memanfaatkan umpan dari Dendy itu masih dipatahkan kiper Filipina.

Mendapat tekanan dari Indonesia, Timnas Filipina berusaha untuk melakukan serangan balik. Sejumlah serangan membahayakan sempat mengancam gawang Indonesia.

Pada menit ke-77, ancaman membahyakan datang ke gawang Timnas Indonesia. Beruntung, tendangan keras Sandro Reyes berhasil ditepis oleh Syahrul.

Di 10 menit akhir waktu normal pertandingan, Timnas Indonesia kebobolan. Tuan rumah memperkecil kedudukan lewat aksi Sebastian Rasmussen (83’).

Hingga akhir laga, skor tetap bertahan 2-1 dan membuat Timnas Indonesia berada di posisi runner up Grup A, dan akan berhadapan dengan Juara Grup B, yaitu Vietnam di partai Semi Final.***