banner 728x250

Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF Nanti Malam, Skuad Garuda Wajib Waspada Faktor Nonteknis Ini

banner 120x600
banner 468x60

KLIK PRIANGAN – Timnas Indonesia vs Filipina akan segera digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina di Grup A Piala AFF 2022, Senin 2 Januari 2023 pukul 19.30 WIB.

Pertemuan Timnas Indonesia vs Filipina jika dilihat dari statistik skuad Garuda diunggulkan apalagi posisi di klasemen Grup A saat ini, tim asuhan Shin Tae-yong hanya membutuhkan seri untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022.

Saat ini skuad Garuda berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan raihan tujuh poin dari tiga laga.

Thailand memuncaki klasemen dengan poin yang sama dengan Timnas Indonesia, tujuh pointetapi unggul selisih gol.

Sementara Filipina bertengger di posisi empat dengan tiga poin dari tiga laga satu peringkat lebih baik dari Brunei Darussalam di dasar klasemen.

Namun Timnas Indonesia harus mewaspadai beberapa faktor nonteknis yang akan timbul bisa mendatangkan kesulitan bagi Marc Klok dkk.

Seperti misalnya penggunaan lapangan sintetis yang digunakan di Stadion Rizal Memorial, Filipina yang akan dipakai nanti malam.

Sebabnya adalah pemain Timnas Indonesia tidak ada yang rutin bermain di lapangan dengan rumput buatan tersebut.

Rumput artifisila atau rumput buatan akan membuat pergerakan bola lebih cepat daripada di kondisi rumput alami.

Hal ini akan menyebabkan pantulan bola pun berbeda sehingga perlu adaptasi untuk mengendalikannya.

Belum lagi bisa menimbulkan cedera bagi pemain paling ringan lecet di kulit lantaran bergesekan dengan permukaan rumput yang kasar.

Yang paling mendasar adalah faktor tuan rumah akan menguntungkan Filipina, hal ini akan menjadi motivasi lebih bagi “The Azkals”, julukan untuk tim nasional Filipina.

Yang terakhir adalah absennya Jordi Amat, bek tengah naturalisasi Indonesia yang terkena akumulasi kartu kuning.***