banner 728x250
Opini  

Orang yang Beruntung adalah Mereka yang Menemukan Rasa dalam Sholatnya

Ustadz Ishak Parid
banner 120x600
banner 468x60

KABAR PRIANGAN  – Ada beberapa karakter orang yang sholat, yaitu orang sholat yang menemukan rasa, orang yang mencari rasa, dan orang yang kehilangan rasa. Orang yang beruntung, adalah orang yang menemukan rasa dalam sholatnya.

Hal itu dijelaskan oleh Ustadz Ishak Parid, S.Pdi saat memberikan Kultum Terawih Ramadhan di Masjid Abdullah Sobir Pondok Jati Indah, Jumat, 31 Maret 2023.

“Orang yang beruntung itu bukan hanya orang yang sholat tepat waktu saja, tetapi juga menemukan rasa dalam sholatnya,” kata Ustadz Ishak Parid.

Dia menjelaskan, rasa itu dalam artian, khusuk dalam sholatnya. Hal ini seperti dijelaskan Allah dalam Alquran yang artinya, “Sungguh beruntung orang-orang mukmin, yaitu orang-orang yang khusuk dalam sholatnya,” paparnya.

Ustadz Ishak Parid menjelaskan, orang yang khusuk dalam sholatnya, maka nilai sholatnya itu sangat tak ternilai, sangat istimewa.

Diibaratkan dalam makanan, kata Ishak Parid, jika yang sudah menemukan rasa, makanan yang rasanya istimewa maka nilainya akan tak terhingga.

“Orang akan jauh-jauh mencari untuk mendapatkan makanan yang rasanya istimewa ini. Bahkan berapa pun juga dibeli, karena untuk mendapatkan rasa yang istimewa itu,” katanya.

Apalagi untuk sholat, katanya, maka Sholat yang menemukan rasa, yaitu sholat yang khusuk akan mendapatkan ganjaran yang istimewa dari Allah.

Jadi, kata Ustad Ishak Parid, orang yang beruntung itu, orang yang sampai sholatnya kepada Allah, bukan saja orang yang sholat tepat waktu, tetapi orang yang khusuk dalam sholatnya.

“Kini kembali kepada diri kita masing-masing. Karakter sholat kita itu ada di kriteria mana,” kata dia.Makanya, kata di, sholat kita ini perlu diperbaiki agar sholat kita menemukan rasa.***